Notification

×

Iklan

Iklan

Ribuan Umat Katolik Jakarta Mengikuti Misa Malam Paskah di Gereja Katedral

Minggu, 31 Maret 2024 | 05:02 WIB Last Updated 2024-03-30T22:02:48Z

Umat Katolik Jakarta/Ist/akuratnews.id


AKURATNEWS.ID, JAKARTA - Ribuan Umat Katolik dari penjuru Jakarta, mengikuti misa malam Paskah di Gereja Katedral Jakarta, Sabtu (30/3).


Malam Paskah atau Sabtu Suci merupakan puncak dari pekan suci Paskah yang dirayakan oleh umat Katolik di seluruh dunia. Pekan suci diawali dengan Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, dan Minggu Paskah.


Pada Sabtu Malam Paskah ini, Gereja Santa Maria Diangkat ke Surga, Paroki Katedral Jakarta, yang menyiapkan 2.700 tempat duduk ini, mengadakan Misa Malam Paskah sebanyak dua sesi dengan jadwal pukul 17.00 dan 21.00.


Dalam perayaan Misa Malam Paskah terbagi dalam empat bagian. Pertama adalah upacara cahaya, kedua adalah upacara sabda, ketiga adalah upacara pembabtisan, dan keempat adalah upacara Ekaristi.


Perayaan diawali dengan upacara penyalaan lilin Paskah sebagai simbol kebangkitan Yesus Kristus yang menjadi terang dunia, lalu liturgi sabda, pembaptisan, dan Ekaristi.


Misa Malam Paskah pukul 21.00 WIB dipimpin tiga romo, RD. Edi Mulyono, SJ; RD. Kristiono Puspo, SJ dan RD. Yohanes Deodatus, SJ.


Pelaksanaan Misa Malam Paskah mendapat pengamanan ketat dari aparat kepolisian, TNI, dan dari anggota HAAK Katedral Jakarta yang tampak selalu sigap mengawasi sekitar gereja, baik di dalam maupun di luar halaman sehingga memberi rasa aman bagi umat.