Notification

×

Iklan

Iklan

Absen Digital Ala Mesjid Al-Marjan Depok yang Ramah Anak

Minggu, 31 Maret 2024 | 21:26 WIB Last Updated 2024-03-31T14:26:41Z

Kegiatan Masjid Al Marjan Depok yang ramah anak/Ist/akuratnews.id


AKURATNEWS.ID, DEPOK - Panitia Ramadan Masjid Al Marjan di Perumahan Permata Depok Regency, Kelurahan Ratujaya, Cipayung, Depok menghadirkan inovasi baru dalam program masjid ramah anak. Pada Salat Tarawih, mereka memperkenalkan program Kartu Tokoh Islam Absen Digital.


Ketua Panitia Ramadan Masjid Al Marjan, Cucun Mansur, menjelaskan, program Kartu Tokoh Islam Absen Digital ini bertujuan untuk memotivasi anak-anak untuk datang ke masjid dan mengenal tokoh-tokoh Islam. 


Selain sebagai sarana pendidikan keagamaan, program ini juga dimaksudkan untuk memakmurkan masjid dan menumbuhkan cinta pada ibadah di kalangan anak-anak. 


Cucun menjelaskan, bahwa kehadiran program ini merupakan yang pertama kali di Indonesia dan berhasil menarik perhatian anak-anak, dengan 180 anak yang mendaftar.


Dukungan dari pihak berwenang setempat Camat Cipayung Depok dan Lurah Ratujaya, turut merespon positif implementasi program ini. 


“Kami sangat mendukung penuh terhadap upaya-upaya yang dilakukan BPH Masjid Al Marjan dalam menciptakan lingkungan Masjid yang ramah dan mendukung perkembangan pendidikan keagamaan anak-anak melalui Program Inovatif dan kreatif seperti ini” ujar Camat Cipayung Kota Depok, Hasan Nurdin, di tengah riuhnya anak-anak yang sedang antri absen setelah tarawih di Masjid Al Marjan, Jumat malam, (29/3). 


Program ini tidak hanya mencakup absensi digital, tetapi juga menawarkan reward bagi anak-anak yang aktif hadir. Ini termasuk pemberian souvenir dan challenge harian yang memberikan kartu tambahan kepada mereka yang menjawab pertanyaan dengan benar.


Sebagai bukti kesuksesan program ini, tingkat kehadiran anak-anak saat Salat Tarawih terus meningkat dari waktu ke waktu. Pada tahun 2024, mencapai rekor tertinggi dengan 186 anak yang terdaftar, menunjukkan antusiasme yang semakin besar dari generasi muda terhadap kegiatan keagamaan di masjid.


Dalam kesempatan yang sama Lurah Ratu Jaya Depok, Bambang Sugiharto juga menyampaikan hal senada terkait pengalaman yang menyenangkan kepada anak-anak. 


“Melalui program ini, masjid Al Marjan, tidak hanya berhasil meningkatkan kehadiran anak-anak, tetapi juga memberikan mereka pengalaman yang menyenangkan dan edukatif dalam menjalankan ibadah tarawih di bulan suci Ramadan," paparnya. 


Selain memperkaya pengalaman keagamaan anak-anak serta memakmurkan masjid, terutama di bulan suci Ramadan, momen ini penting bagi anak-anak untuk tumbuh dalam cinta terhadap masjid dan ibadahnya, dengan harapan anak-anak dapat memahami agama Islam serta mempererat ikatan mereka dengan masjid sebagai pusat kegiatan keagamaan dan sosial masyarakat di lingkungan sekitar Al Marjan, Permata Depok Regency.