Notification

×

Iklan

Iklan

Menengok Toleransi di Arab Saudi Saat Perayaan Natal

Minggu, 25 Desember 2022 | 12:59 WIB Last Updated 2022-12-25T06:00:08Z

Merayakan Natal di Dhahran dan Ras Tanura adalah tradisi sejak akhir 1940-an, ketika keluarga Amerika pertama tiba di Arab Saudi setelah Perang Dunia Kedua./Arabnews


AKURATNEWS.ID I JEDDAH – Para pendatang dan penduduk setempat di Arab Saudi menyambut natal secara sukacita. Semangat natal yang saat lebih ceria dirasakan oleh masyarakat di sana yang dianggap sebagai era baru dalam tolerasni dan keterbukaan, khusunya dalam hal kepercayaan.


Jika menengok ke belakang, perayaan Natal dalam beberapa tahun yang lalu dirayakan secara sederhana oleh para pendatang. Tanpa terlihat, mereka merayakan Natal di balik pintu-pintu rumah mereka yang cenderung merayakan Natal secara tertutup.Berbeda dengan saat ini, berkat lingkungan dan budaya toleransi beragama, masa perayaan dirayakan secara terbuka dan dinikmati oleh pendatang dan warga negara.


Bahkan, era keterbukaan di Arab Saudi dapat sangat dirasakan di salah satu lingkungan tersibuk di Jeddah. Lagu Mariah Carey “All I Want for Christmas Is You” yang menggambarkan tentang semangat Natal, terdengar diputar dari toko roti setempat, di mana pelanggan mengemil kue gula berbentuk kepingan salju dan roti jahe, sambil menikmati cokelat panas dengan krim kocok di atasnya.


Kurang dari satu dekade yang lalu, pemandangan seperti ini tidak mungkin ditemukan di mana pun di Arab Saudi, negara di mana perayaan Natal secara publik tidak terpikirkan. Sekarang simbol, lagu, dan tradisinya telah terserap ke dalam kehidupan komersial dan sosial kota-kota Saudi.


Yang pasti, acara keagamaan non-Islam seperti Natal diamati di Arab Saud, tetapi sebagian besar dilakukan secara rahasia atau di balik tembok tinggi kompleks yang hanya ditempati oleh pendatang dan dioperasikan oleh perusahaan swasta.


Sebuah artikel tahun 1971, berjudul “Christmas in Dhahran,” yang diterbitkan di majalah Saudi Aramco yang berbasis di Texas, menceritakan kisah bagaimana hari raya itu dirayakan di “jantung Muslim Timur Tengah,” dengan satu perbedaan besar – mereka menggunakan unta asli, untuk kontes Natal mereka.


Artikel tersebut mencatat bagaimana kompleks pekerja minyak di Dhahran pernah disebut dalam pers AS sebagai "pinggiran kota California selatan yang khas, ditransplantasikan 8.500 mil di timur New York".


Selanjutnya menggambarkan bagaimana, pada tahun 1970, kontes Natal diadakan di lapangan softball lokal dan "menarik 2.000 penonton, sebagian besar terbungkus selimut melawan dinginnya gurun."


Kontes tersebut menampilkan pria, wanita dan anak-anak, paduan suara malaikat, dan tiga kapal gurun yang megah, satu untuk masing-masing dari tiga orang bijak.


Pensiunan eksekutif Aramco Ali M. Baluchi mengatakan kepada Arab News dalam sebuah wawancara pada tahun 2020 bagaimana dia dulu membantu rekan-rekan asingnya mempersiapkan perayaan Natal mereka.


“Hari-hari itu menyenangkan dan indah, dan itu mengingatkan saya pada hari-hari baik yang kita semua bagikan dan nikmati bersama,” katanya.


Meskipun ribuan pekerja asing dan keluarga mereka dari berbagai latar belakang agama telah tinggal di Arab Saudi selama bertahun-tahun, baru belakangan ini praktik publik agama selain Islam diizinkan.


Pada tahun 2016, Putra Mahkota Mohammed bin Salman meluncurkan Visi Saudi 2030. Bersamaan dengan itu, muncul serangkaian reformasi yang akan membuka potensi Kerajaan dan menciptakan masyarakat yang ambisius, kuat, dan bersemangat dengan ekonomi yang terdiversifikasi, yang memprioritaskan kualitas hidup.


Selama enam tahun terakhir, Visi 2030 telah menciptakan budaya toleransi dan keterbukaan. Institusi keagamaan Kerajaan sedang direstrukturisasi dan sistem pemerintahannya, berdasarkan ajaran Alquran, sedang diperiksa ulang dengan hati-hati.


Putra mahkota sedang merencanakan jalan baru dan lebih modern untuk negara itu, bersumpah untuk kembali ke “Islam moderat.” Arab Saudi adalah “negara yang toleran dengan Islam sebagai konstitusi dan moderasi sebagai metodenya,” katanya dalam sebuah wawancara tahun lalu.


“Kami hanya kembali ke apa yang kami ikuti – Islam moderat yang terbuka untuk dunia dan semua agama.”


Transformasi yang belum pernah terjadi sebelumnya di Arab Saudi ini tidak pernah lebih jelas, mungkin, daripada saat Natal.


Ekspatriat yang tinggal di Arab Saudi memilih dekorasi Natal di toko suvenir di ibu kota Riyadh pada 7 Desember 2020. (AFP)

Saat ini, kafe, restoran, toko perlengkapan pesta, dan mal di seluruh Kerajaan dihiasi dengan lampu dan dekorasi yang berkelap-kelip. Pembeli dapat menemukan pohon, ikat kepala rusa, topi Santa, pernak-pernik warna-warni dengan berbagai bentuk dan ukuran, suguhan bertema Natal, dan bungkus kado.


Natal Bukan Satu-satunya Perayaan


Natal bukan satu-satunya hari libur yang dianut secara terbuka. Simbol dan perlengkapan Hari Valentine dan Malam Tahun Baru juga sekarang tersedia secara luas, lagi-lagi dalam jeda yang signifikan dengan masa lalu.


Meningkatnya penerimaan Natal di Kerajaan telah menjadi perkembangan yang disambut baik untuk industri perhotelan. Beberapa hotel bintang lima dan perusahaan katering swasta sekarang menawarkan makan malam khusus Natal. Kadang-kadang bahkan Sinterklas dimunculkan.


Banyak kedutaan dan konsulat mengatur pesta Natal untuk staf mereka dan mengadakan pesta makanan favorit dari masing-masing negara.


Berbicara secara terbuka tentang Natal tetap tidak nyaman bagi banyak orang di Kerajaan, karena waspada terhadap pembatasan di masa lalu. Beberapa ekspatriat dan pengunjung, yang sadar akan kepekaan agama, masih percaya bahwa sebaiknya berhati-hati.


Meski demikian, meski Natal bukanlah tradisi Islam, banyak umat Islam yang meyakini bahwa ini adalah waktu untuk berbagi kebahagiaan bagi mereka yang senang berkumpul dengan teman, keluarga, dan tetangga.


“Sebagai Muslim, kami memahami bahwa hari raya bukan bagian dari agama kami, tetapi karena kami adalah bangsa dengan banyak kebangsaan, kami merayakan hari raya kami dengan semua orang dan kami merayakan hari raya mereka,” kata seorang wanita Saudi kepada Arab News.


Orang Saudi lainnya berkata: “Ini semua tentang hadiah memberi. Itu adalah pesan yang umum, dan bukankah Alkitab mengatakan ‘kasihilah sesamamu?’ Itu sama dalam Islam. Ini adalah titik penghubung antar agama karena Islam menekankan untuk menghormati tetangga kita dan mencintai mereka seperti keluarga.


“Ini adalah nilai agama yang sama yang dimiliki oleh orang-orang dari semua agama. Dan Natal itu penuh warna. Ini menyenangkan, dan merayakannya di sini (di Arab Saudi) bersama Muslim dan Kristen adalah tanda kesalehan dan toleransi beragama.”


Sumber: ARABNEWS