Notification

×

Iklan

Iklan

Usaha Perlu Pendampingan, Wakaf UMKM Berdaya OK OCE Beri Pendampingan

Kamis, 09 Februari 2023 | 11:34 WIB Last Updated 2023-02-09T04:34:47Z

Program ini merupakan program OK OCE Kemanusiaan yang bersumber dari dana Wakaf tunai yang ditujukan untuk UMKM/ OK OCE


AKURATNEWS.ID, JAKARTA - Program Wakaf UMKM Berdaya (WUB) adalah salah satu program master piece OK OCE  Kemanusiaan berbasis dana wakaf dengan konsep pendampingan rutin kelompok selama 3 bulan dan penyaluran tambahan modal usaha kepada 10 orang UMKM berskala ultra mikro.


Farid Rifai, Pembina OK OCE Kemanusiaan yang juga Bendahara Umum OK OCE, menjelaskan, “Ini adalah kegiatan masterpiecenya OK OCE Kemanusiaan, yang sudah kami lakukan di Jagakarsa selama 3 bulan ini. Saya mengapresiasi, program ini berbasis pendampingan. 


Harapan hal tersebut bisa menjadi pondasi berwirausaha untuk kedepannya. berwirausaha adalah tantangannya adalah keistiqomaahan, maka pondasinya adalah konsisten dan niat. Ini tujuannya kami melakukan pendampingan Umkm berdaya”, jelasnya. 


Program ini merupakan program OK OCE Kemanusiaan yang bersumber dari dana Wakaf tunai yang ditujukan untuk UMKM, untuk itu pokok dari dana wakaf ini harus kembali utuh namun bisa diproduktifkan untuk meningkatkan kapasitas usaha penerima manfaat program. Ada hal jauh lebih penting dalam jalannya usaha untuk terus berkembang, yakni Pendampingan. 


Indra Uno, Founder OK OCE, mengatakan, dalam Pelatihan yang baik akan terdapat Pendampingan. “Setiap Pelatihan atau praktek yang tidak didampingi akan tercipta aktivitas pengelolaan yang tidak konsisten, maka diperlukan mentor yang baik di Komunitas masing-masing”, ungkapnya, Rabu, 8 Februari 2023, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. 


Sementara itu, 10 orang yang menjadi penerima manfaat Program WUB adalah ibu-ibu yang menjadi tulang punggung keluarga dan hampir rata-rata membuka usahanya ketika pandemi dimana suami mereka ada di PHK dari pekerjaannya, dan ada pula yang ingin membantu ekonomi keluarga saat usaha yang dilakukan suami tidak seramai sebelum pandemi. 


Salah  satu penerima manfaat dari Wakaf UMKM Berdaya ( WUB), “Banyak sekali manfaat yang saya terima, dari segi pemahaman dalam usaha, model kepemimpinan, model manajemen keuangan.Makanya saya beruntung ikut UMKM Berdaya OK OCE. Harapan saya kedepannya bisnis kuliner saya bisa berkembang lagi, bertambah peminatnya hingga tersebar pasarnya”. 


Adapun kategori usaha yang dijalankan oleh penerima manfaat antara lain kuliner, fashion dan craft atau kerajinan tangan.




Dana wakaf yang akan digulirkan akan jauh lebih besar lagi sesuai dengan besarnya usaha yang saat ini tengah diperjuangkan dan tentunya amanah dana wakaf yang diberikan oleh para wakaf kepada OK OCE  Kemanusiaan. Hal ini menjadi fokus dari Gerakan Sosial OK OCE  untuk bergerak menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya berbasis wirausaha. 


Sahmullah Rivqi, Sekjen OK OCE, menutup dengan harapan “Semoga kita bisa terus konsisten, selamat untuk program wakaf UMKM berdaya batch 1 Jagakarsa.”