Notification

×

Iklan

Iklan

Meski Tak Ada Hubungan Antar Negara, AS Janjikan Beri Bantuan ke Suriah

Kamis, 09 Februari 2023 | 11:09 WIB Last Updated 2023-02-09T04:09:19Z

Seorang pria duduk di depan sebuah bangunan yang hancur di Adiyaman, tenggara Turki pada hari Rabu/euronews.


AKURATNEWS.ID, AS – Amerika Serikat (AS) menjanjikan akan memberikan bantuan kepada Suriah atas tragedi gempa bumi yang telah meluluh lantakan Negara tersebut. Korban gempa yang mencapai 12.000 orang tersebut, telah membuat Negara tersebut menetapkan keadaan darurat.


Janji bantuan yang akan diberikan AS kepada Suriah, diungkapkan oleh Sekretaris Negara Amerika Serikat Antony Blinken. Dia mengungkapkan, AS akan membantu warga Suriah yang terkena dampak gempa dahsyat meskipun tidak memiliki hubungan dengan pemerintah mereka.


“Kami telah berusaha memastikan bahwa bantuan sampai ke tempat yang dibutuhkan,” katanya, dilansir dari euronews, Kamis (9/2).


"Dan itu adalah orang-orang yang terkena dampak perang mengerikan yang dilakukan Assad terhadap rakyatnya sendiri sejak 2011. Dan sekarang dalam kasus gempa, mereka orang-orang yang terkena dampak gempa," lanjutnya.


Komentar Blinken muncul setelah pertemuannya dengan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg di Washington, DC.


Tim penyelamat di Turki dan Suriah Rabu, terus mencari tanda-tanda kehidupan di reruntuhan ribuan bangunan yang roboh akibat gempa paling mematikan di dunia dalam lebih dari satu dekade.