Notification

×

Iklan

Iklan

Kesehatan Wanita Arab Menempati Peringkat di Atas Inggris

Sabtu, 28 Januari 2023 | 11:08 WIB Last Updated 2023-01-28T04:08:37Z

 

Ilustrasi wanita Arab Saudi/pixabay

AKURATNEWS.ID, RIYADH – Wanita-wanita Arab Saudi mendapat peringkat sebagai negara teratas untuk wilayah Negara-negara Arab untuk kesehatan wanita. Posisi peringkat Arab Saudi ini berada di atas Inggris dalam daftar global.

 

Peringkat yang dicapai oleh Arab Saudi dalam kesehatan wanitanya dari hasil laporan Hologic Global Women’s Health Index tahun 2021 yang baru-baru ini dirilis. Dalam laporan tersebut dilaporkan kerajaan dan UEA masing-masing menempati posisi ke-28 dan ke-35, peringkat tertinggi untuk negara-negara di dunia Arab.

 

Sosiolog  berpengaruh untuk urusan perempuan di Arab Saudi Dr Mona Salahuddin Al-Munajjed, mengatakan, peringkat yang dicapai oleh wanita Arab Saudi tidak membuat dirinya terkejut dengan temuan baru ini. Sebaliknya, dia senang dengan hasil yang bagus.

 

“Saya bangga bahwa negara saya telah membuat perkembangan positif yang luar biasa di bidang pendidikan, kesehatan, dan bidang lainnya baik untuk pria maupun wanita,” katanya dilansir dari Arab News, (28/1).

 

“Wanita Saudi sekarang memimpin di banyak bidang berkat pemerintah kami yang terus mendorong dan mendukung kami untuk maju di tingkat nasional dan internasional. Ini berarti kita menuju ke arah yang benar dalam memenuhi Visi Saudi 2030,” lanjut Dr. Mona Al-Munajjed.

 

Lebanon dan Turki memegang beberapa skor terendah, disebutkan di 10 terbawah dari 122 negara yang masing-masing terdaftar di peringkat 118 dan 119. Inggris menduduki peringkat dua posisi di belakang Arab Saudi di urutan ke-30.

 

AS berada di urutan ke-23 dalam indeks di belakang Jerman, Selandia Baru, dan Singapura tetapi di atas Prancis. Taiwan dan Latvia mendapat skor tertinggi dan Afghanistan terendah dalam indeks global.

 

Survei kesehatan menunjukkan penurunan kemampuan perempuan untuk memenuhi kebutuhan dasarnya serta mencatat tingkat stres, kekhawatiran, dan kemarahan.

 

Inggris turun tiga poin dalam indeks terbaru, peringkat setara dengan Polandia, Slovenia, dan Kosovo, selain Kazakhstan. Itu adalah salah satu negara dengan penurunan tercepat untuk kesehatan emosional, menurut laporan itu.

 

AS tetap menjadi pengecualian karena pengeluaran kesehatan yang lebih tinggi tidak menghasilkan hasil yang lebih baik, kata laporan itu.

 

Temuan ini didasarkan pada wawancara dengan hampir 127.000 perempuan dan laki-laki, dengan pertanyaan meliputi perawatan pencegahan, kesehatan emosional, opini kesehatan dan keselamatan, dan kebutuhan dasar.

 

Hologic Inc. dan mitranya Gallup mewawancarai wanita tersebut untuk menilai berbagai ukuran, mulai dari kesehatan mental hingga perawatan pencegahan.

 

Tujuan indeks global adalah untuk mengidentifikasi kesenjangan kritis dalam apa yang dunia pahami tentang kesehatan dan kesejahteraan perempuan dan anak perempuan, untuk akhirnya menemukan solusinya.