Notification

×

Iklan

Iklan

Presiden Maladewa Tandatangani UU Pengelolaan Sampah, Aktivis Bereaksi

Selasa, 20 Desember 2022 | 16:37 WIB Last Updated 2022-12-20T09:37:15Z

 

Sampah di Thilafushi, Maladewa (BBC)

AKURATNEWS.ID, MALADEWA – Undang-Undang Pengelolaan Sampah telah ditandatangani oleh Presiden Maladewa Ibrahim Solih, yang membuat para aktivis bereaksi. Penandatanganan dilakukan pada Minggu 18 Desember 2022 waktu setempat, yang dinilai akan menimbulkan keprihatinan serius tentang hak atas kesehatan dan lingkungan yang sehat, dan kewajiban pemerintah untuk mengatasi perubahan iklim.

 

Pada bagian ke 44 undang-undang, dinilai akan membuka pintu untuk impor limbah ke dalam negeri. Parlemen pada tanggal 28 November dengan tergesa-gesa mengubah RUU tersebut tanpa konsultasi publik meskipun ada tentangan keras dari kelompok lingkungan, yang telah mendorong larangan impor segala bentuk limbah ke negara tersebut.

 

Aktivis telah mendesak Presiden Solih untuk tidak menandatangani RUU tersebut. Sementara pemerintah berusaha untuk menjustifikasi kebijakan dengan mengklaim “limbah dipandang berguna terutama untuk menghasilkan listrik,” membakar limbah menghadirkan sejumlah risiko, terutama dari emisi berbahaya dan produk sampingan beracun, termasuk abu hasil pembakaran, dilansir dari laman hrw.org.

 

Maladewa memiliki sejarah mengabaikan peraturan lingkungan dan penilaian dampaknya sendiri, dan tidak memantau emisi udara secara memadai untuk memastikan bahwa pembakaran sampah menyebabkan kerusakan, minimal pada lingkungan atau mengancam kesehatan masyarakat setempat.

 

Mengimpor limbah juga merupakan langkah mundur dari standar global tentang pengelolaan limbah plastik. Misalnya, Uni Eropa akan melarang ekspor limbah plastik. China, yang secara historis merupakan importir limbah plastik terbesar di dunia, melarang impornya pada tahun 2018 karena dampak lingkungannya.

 

Thailand tampaknya akan menghentikan impor limbah pada tahun 2025 dalam upaya untuk “melindungi” negara tersebut. Baik Konvensi Stockholm tentang Polutan Organik Persisten, yang diratifikasi Maladewa pada tahun 2006, dan Konvensi Minamata tentang Merkuri, menimbulkan kekhawatiran tentang pembakaran.

 

Pada Januari 2023, Maladewa akan duduk di Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa, di mana pemerintah telah berjanji untuk memprioritaskan masalah terkait iklim. Menteri luar negeri mengatakan bahwa untuk dataran rendah Maladewa "perbedaan antara 1,5 dan 2 derajat adalah kematian". 


Selain berdampak pada kesehatan manusia, pembakaran sampah juga melepaskan emisi gas rumah kaca yang berkontribusi terhadap perubahan iklim.

 

Dengan mengadopsi undang-undang yang memungkinkan impor limbah, Maladewa merusak kredibilitas internasional mereka dalam isu-isu terkait iklim. Alih-alih membuka negara dari limbah dunia, Presiden Solih dinilai harus berfokus pada solusi tanpa limbah yang memprioritaskan kewajiban hak asasi manusianya untuk mengatasi kesehatan dan perubahan iklim.