Notification

×

Iklan

Iklan

Pembangunan SIHT di Sidoarjo Rampung Akhir Tahun Ini, Launching Awal Tahun Depan

Kamis, 12 Oktober 2023 | 19:51 WIB Last Updated 2023-10-12T14:53:48Z

Kepala Bidang Perindustrian Disperindag Sidoarjo, Agus Darsono

AKURATNEWS.ID, SIDOARJO - Pembangunan sentra industri hasil tembakau (SIHT) yang berlokasi di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo dipastikan rampung akhir tahun ini.


Rencananya proyek strategis Pemkab Sidoarjo kerja bareng KPP Bea Cukai Type Madya Pabean B Sidoarjo dengan menggunakan dana bagi hasil cukai dan hasil tembakau (DBHCHT) senilai total puluhan miliar itu bakal dilaunching awal tahun depan.


Demikian dikemukakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sidoarjo, Widiyantoro Basuki melalui Kepala Bidang Perindustrian, Agus Darsono pada awak media siber ini, Kamis (12/10/2023).


"Insha Allah, pembangunan SIHT tuntas keseluruhan akhir tahun ini dan rencananya kita launching awal tahun depan," ucapnya.


Dijelaskan Agus, pengelolaan SIHT nantinya diserahkan kepada salah satu BUMD yaitu PT AUSI (Perseroda).


"Sebagai langkah awal, untuk sementara SIHT akan menampung belasan home industri yang tadinya diketahui memproduksi rokok ilegal. Setiap home industri ini disediakan ruangan seluas 200 m2 yang bisa ditempati ratusan pekerja," sambungnya.


Lalu, Agus menambahkan, mengingat SIHT berada di Desa Candipari, maka pihak produsen rokok diminta agar mengutamakan warga berasal dari lingkungan desa setempat menjadi pekerjanya.


"Dengan adanya SIHT, akhirnya terbuka lapangan kerja. Ini berarti, program prioritas Bupati Ahmad Muhdlor dan Wabup Subandi terkait membuka lapangan kerja seluas-luasnya pun terealisasi," pungkasnya. (Way)