Notification

×

Iklan

Iklan

'Pahlawan Cilik Bijak Air' Upaya Nyata Danone dalam Pelestarian Lingkungan

Senin, 02 Oktober 2023 | 21:13 WIB Last Updated 2023-10-02T14:15:26Z

Peluncuran Modul "Pahlawan Cilik Bijak Air"/dok. akuratnews.id


AKURATNEWS.ID, JAKARTA - Keterlibatan aktif Danone Indonesia dalam program edukasi “Pahlawan Cilik Bijak Air” merupakan upaya nyata perusahaan sebagai bagian dari komitmen Danone Indonesia untuk melestarikan sumber daya air dan mendukung kesehatan masyarakat Indonesia. 


Karyanto Wibowo, Direktur Sustainable Development Danone Indonesia, mengatakan selain berpartisipasi dalam program ini, Danone Indonesia telah menjalankan berbagai inisiatif lain untuk mewujudkan komitmen perusahaan  melalui kebijakan pengelolaan sumber daya air (Danone Water Policy) yang berfokus pada tiga pilar utama. 


Pertama, dengan fokus pada pelestarian sumber daya air dan lingkungan, Danone Indonesia telah menanam 2,5 juta pohon, membangun 2.100 sumur resapan, mengedukasi masyarakat untuk melakukan pertanian berkelanjutan hingga 350 hektar lahan, membangun Taman Keanekaragaman Hayati di 17 lokasi, dan turut memperkuat 5 Forum DAS. 


Kedua, mendorong sirkularitas air dalam sistem produksi, upaya ini diwujudkan dengan melakukan efisiensi air di lini produksi, serta pemanfaatan kembali air sisa produksi  dan membangun fasilitas panen air hujan (PAH) untuk keperluan domestik. 


Ketiga, meningkatkan aksesibilitas masyarakat atas air bersih dan sanitasi. Danone Indonesia telah berperan dalam meningkatkan akses masyarakat terhadap air bersih dan sanitasi, mencapai lebih dari setengah juta masyarakat di 46 Kabupaten serta lebih dari 70 Desa di seluruh Indonesia.


“Dengan keterlibatan aktif dan program konkret seperti “Pahlawan Cilik Bijak Air”, kita tidak hanya mengambil peran dalam pelestarian sumber daya air, tetapi juga menginspirasi serta membawa perubahan positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara nyata. Kami percaya bahwa edukasi merupakan kunci untuk masa depan yang lebih berkelanjutan. Oleh karena itu, kami sangat bangga dan berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan mitra dan komunitas untuk mencapai tujuan ini,” kata Karyanto. 


Memungkinkan Duta Pahlawan Cilik Bijak Air


Karyanto menyampaikan, saat ini modul Pahlawan Cilik Bijak air itu akan dilakukan diseminasi ke beberapa sekolah di Indonesia, yang mana hal ini sebagai upaya dalam melakukan inovasi-inovasi. 


"Diseminasi ini bisa saja akan ada pemilihan duta atau Pahlawan Cilik Bijak Air, yang bisa saja dilakukan dalam perkembangan ke depan, dengan tujuan modul ini dapat diterima dan diimplementasikan di sekolah-sekolah," jelasnya. 


"Itu merupakan upaya-upaya untuk menumbuhkan awareness," lanjutnya. 


Lebih jauh Karyanto menyampaikan, pihaknya akan melakukan pengukuran dampak atas modul di tahun depan. 


"Itu akan menjadi evaluasi-evaluasi kitakita,  bagaimana modul ini didesiminasikan dan menjadi sarana untuk melakukan perbaikan pada saat modul ini didesiminasikan ke banyak sekolah termasuk sekolah dwiyata maupun kerjasama-kerjasama yang lain yang akan kami lakukan," pungkasnya.