Notification

×

Iklan

Iklan

Layanan Kesehatan Gratis saat Perayaan HUT DKI Jakarta ke 496, di Kelurahan CBS

Jumat, 23 Juni 2023 | 16:53 WIB Last Updated 2023-06-23T09:53:33Z

Suster Cindy (Kerudung Merah) didampingi Dokter Ratu (Kerudung Abu-abu) saat memeriksa pasien dalam perayaan HUT DKI Jakarta ke 496 di Kelurahan Cipinang Besar Selatan/akuratnews.id


AKURATNEWS.ID, JAKARTA – Warga Kelurahan Cipinang Besar Selatan (CBS), Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur dalam dua hari ini menggelar kegiatan, salah satunya layanan kesehatan gratis bagi warganya.

 

Warga yang datang ke Kelurahan CBS dapat memeriksakan kesehatannya, khususnya untuk Penyakit Tidak Menular (PTM), yang dilaksanakan di Aula Kelurahan, yang mana dalam pelayanan ini dilakukan langsung oleh Suster Puskesmas Kelurahan di damping oleh satu orang dokter.

 

Suster Cindy yang melakukan tugas pemeriksaan mengungkapkan, layanan yang diberikan dalam kesempatan ini antara lain skrining kesehatan untuk Penyakit Tidak Menular (PTM).

 

"Hari ini ada skrining PTM, yang mana kami fokus pada pemeriksaan trkanan darah dan gula darah. Hal itu dilakukan untuk mencegah sakit darah tinggi dan diabetes militus," ujarnya, Jumat (23/6).


Lurah Cipinang Besar Selatan Dwi Sugiarti, saat memberikan piala kepada Juara Pakaian Adat/akuratnews.id

 

Sementara itu dokter pendamping layanan kesehatan ini, Dokter Ratu mengungkapkan, rata-rata dari hasil pemeriksaan semuanya bagus.

 

"Hasil pemeriksaan keseluruhan rata-rata bagus, dari cek darah hingga gula darah. Sehat semua yang tadi diperiksa," katanya.

 

Saat ditemui, pemeriksaan kesehatan ini baru sekitar 9 orang, yang mana pihak puskesmas dalam hal ini telah menyiapkan stick pemeriksaan gula darah untuk 50 pasien.

 

Dokter Ratu juga memberikan tips kepada masyarakat luas, untuk mencegah penyakit darah tinggi agar menghindari makanan yang memiliki rasa asin tinggi.

 

"Hindari makanan yang asin-asin. Kurangi asupan makanan yang asin, mecin (MSG) dan beralih ke makanan rumah,  yang kita bisa atur untuk olahannya. Begitu juga dengan gula, agar lebih dikurangi dalam konsumsinya," ujarnya.

 

Selain layanan kesehatan gratis, kegiatan dalam menyambut HUT DKI ke 496 di Kelurahan CBS, juga menggelar Bazar UMKM, lomba mewarnai dan busana daerah, yang diperuntukan bagi anak-anak usia 4-7 tahun. Kegiatan yang digelar selama dua hari ini, rencananya akan ditutup dengan pertunjukan dari grup hadroh dari Kelurahan CBS.


Panitia Lomba dari PKK CBS, menunjukan hasil karya anak-anak dari Lomba Mewarnai/akuratnews.id

 

Sekretaris Kelurahan Bambang Novianto saat melakukan kunjungan ke both-both UMKM, melakukan interaksi kepada pelaku UMKM. Dirinya juga sempat menanyakan bagaimana penjualan hari ini, Jumat (23/6).


 

"Bagaimana dagangannya hari ini?," ujarnya bertanya kepada pedagang.

 

"Alhamdulillah pak, lumayan," jawab pedagang yang menjajakan produk minuman es campur.

 

Dia juga menyampaikan, semoga semakin siang dagangan para UMKM ini semakin ramai.

 

"Insya Allah Jumat berkah ya, siang semakin ramai," katanya, dijawab dengan 'Aamiin' dari pelaku UMKM.



 

Sebagai informasi, kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak Kelurahan CBS ini dilaksanakan dalam dua hari, yakni pada Hari Kamis dan Jumat.