Notification

×

Iklan

Iklan

Lebih dari 2.000 Mumi Kepala Domba Ditemukan

Selasa, 28 Maret 2023 | 11:59 WIB Last Updated 2023-03-28T04:59:32Z

Mumi Kepala Domba yang jumlahnya lebih dari 2000 Kepala, di area kuil Raja Ramses II di Abydos, Mesir selatan/arabnews 


AKURATNEWS.ID, KAIRO – Lebih dari 2000 mumi kepala domba ditemukan di wilayah Abydos Mesir. Mumi yang diketahui dari domba jantan ini, diperkirakan berasal dari era Ptolemeus (332 SM hingga 30 SM). 


Penemuan ribuan mumi kepala domba ditemukan berkat misi arkeologi Amerika yang berafiliasi dengan Universitas New York, yang bekerja di area kuil Raja Ramses II di Abydos, Mesir selatan, yang mana penemuan ini, mengikuti penemuan bangunan besar dari Dinasti Keenam Raja Ramses II.


Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Purbakala Mesir Mostafa Waziri, mengatakan penemuan itu penting, karena mengungkap lebih banyak detail tentang sejarah Kuil Raja Ramses II di Abydos Sohag dan sekitarnya. 


“Misi tersebut juga menemukan sejumlah hewan mumi di samping kepala domba jantan, termasuk domba betina, anjing, kambing liar, sapi, rusa, dan musang. Mereka ditemukan di salah satu ruang penyimpanan yang baru ditemukan di dalam area utara kuil,” ujar Waziri.


Sementara itu, Kepala Misi Arkeolog  Sameh Iskandar, mengatakan mumi domba jantan diperkirakan telah digunakan sebagai persembahan nazar di Abydos selama periode Ptolemeus.


“Sedangkan bangunan besar yang tidak tertutup, yang berasal dari era Dinasti Keenam, memiliki ciri khas desain arsitektur yang unik. Itu dibedakan dengan tembok besar dan tebal, yang lebarnya sekitar lima meter,” terangnya.


Iskandar mengatakan kajian bangunan ini akan berkontribusi pada penelitian yang dilakukan tentang aktivitas dan arsitektur Kerajaan Lama di Abydos.


Kepala Departemen Pusat Kepurbakalaan Mesir Hulu di Dewan Tertinggi Kepurbakalaan, Mohamed Abdel Badei, mengatakan misi tersebut juga berhasil mengungkap bagian-bagian tembok utara bangunan yang mengelilingi kuil dan perlengkapannya.


Tim juga menemukan pecahan patung, papirus, sisa-sisa pohon purba, pakaian, dan sepatu kulit.


Abydos adalah salah satu kota kuno tertua di Mesir Hulu, dan berisi banyak bangunan penting, termasuk Kuil Seti I dan Kuil Ramses II.