Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Public Speaking, OK OCE Selenggarakan Seminar Offline

Sabtu, 16 September 2023 | 12:19 WIB Last Updated 2023-09-16T05:19:23Z

Seminar Public Speaking, Kamis (09/14), OK OCE Kemanusiaan, Tebet/dok. OK OCE


AKURATNEWS.ID, JAKARTA – Dalam era yang semakin terhubung secara global dan teknologi yang terus berkembang, kemampuan berbicara di depan umum (public speaking) telah menjadi keterampilan yang sangat berharga, tak terkecuali pada bidang wirausaha. 


Oleh sebab itu, OK OCE Indonesia menyelenggarakan seminar offline  Speak, Lead, Success: Mastering the Business of Public Speaking yang bertemakan “Menguasai Bisnis melalui Public Speaking” pada Kamis (09/15) di kantor OK OCE Kemanusiaan, yang dihadiri oleh sejumlah kalangan mahasiswa dan umum.  


Ariel menyoroti bahwa era di mana public speaking hanya dilakukan di depan banyak orang telah berubah. Saat ini kenderungan speaking atau berbicara dilakukan di depan perangkat genggam, seperti dalam siaran langsung di TikTok. 


Ini mencerminkan perubahan dramatis dalam cara bisnis beroperasi, terutama dengan munculnya model bisnis online shop yang lebih sederhana, murah, dan populer.


Selain itu, dalam diskusi menariknya Ariel berpendapat bahwa seperti bermain bola. Hanya memiliki pengetahuan teoretis tentang public speaking saja tidak akan cukup. Ariel mendorong individu untuk mengambil tindakan nyata dan terlibat secara praktis dalam public speaking, bahkan jika itu berarti memulai dari level dasar. 


Menurutnya, praktik rutin, pengembangan outline materi yang baik, pemahaman yang mendalam tentang audiens, dan menjadi diri sendiri dalam berbicara di depan umum adalah langkah-langkah penting dalam menguasai keterampilan berbicara di depan umum.


Menurutnya, hal yang paling penting dalam menguasai bisnis melalui public speaking adalah storytelling. Namun, sebagai pengusaha, tetap harus memiliki tujuan yang jelas, value, dan membangun hubungan emosional dengan pelanggan sehingga apa yang disampaikan nantinya tersampaikan dengan baik. 


Selain itu, dalam komunikasi bisnis, seseorang, juga harus tau apa yang ingin kita promosikan, menjelaskan dengan baik alasan mengapa harus membeli produk kita, serta apa yang membedakan produk kita dengan yang lain sehingga dapat dikatakan unik.


Penyebab Stuttering


Komunikasi terjalin dua arah, beberapa peserta seminar pagi itu mengutarakan pendapatnya serta mempertanyakan apa keluh kesahnya saat melakukan public speaking.  




Anggara, salah satu peserta seminar, bertanya,“kalau public speaking tidak selalu prepare dan belum buat outline, bagaimana mengatasi stutter saat nge-blank dan bagaimana melatih gesture saat public speaking agar audience lebih tertarik dan stay focused?” 


Ariel menekankan bahwa, saat seorang mendadak harus berbicara, yang terpenting adalah mengetahui kegiatannya dan menguasai materi dengan baik. 


“Penyebab stuttering adalah ketika pembicara tidak menguasai materi, sehingga mereka bingung dan mati gaya” tambahnya. 


"Oleh karena itu, tips public speaking yaitu mengetahui dan memahami apa yang ingin kita utarakan, jangan terlalu kaku, dan saat jangan melakukan gestur yang berlebihan," tutupnya.