Notification

×

Iklan

Iklan

OK OCE dan AMIGA Berikan Pelatihan Pencatatan Keuangan untuk UMKM Bandung

Minggu, 23 Juli 2023 | 17:29 WIB Last Updated 2023-07-23T10:53:15Z

Fitri Hardiyanti, Founder AMIGA/Dok.OK OCE


AKURATNEWS.ID, JAKARTA - Bekerjasama dengan AMIGA, OK OCE Indonesia memberikan pembekalan melalui pelatihan dalam rangka mengamalkan salah satu dari 7 TOP (Tahapan OK OCE Prima) kepada masyarakat umum.


Acara ini dirangkai dalam sebuah tajuk, 'Serba Serbi Pencatatan Keuangan - Catat Keuangan Bermodalkan Rebahan' yang digelar pada, Sabtu (22/7). 


Dihadiri oleh para pelaku usaha, terutama dari kalangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), dinilai tepat, yang mana para pelaku usaha seringkali mengabaikan pentingnya pencatatan keuangan dalam menjalankan usaha mereka.


Fitri Hardiyanti, Founder AMIGA, sebagai pembicara dalam acara yang digelar di Vio Hotel Cihampelas, Bandung, menjelaskan, bagaimana sebuah manajemen keuangan tidak terlepas dari pencatatan. Baik pendapatan maupun pengeluaran. 


“Manajemen keuangan dapat dimulai dengan mencatat pendapatan dan pengeluaran serta memisahkan uang pribadi dan uang usaha," ungkapnya. 


Ia menegaskan bahwa pencatatan keuangan sangat tergantung pada tujuan dari menjalankan usaha.


"Apakah hanya untuk mengisi waktu atau untuk berkembang," tegasnya. 


Dalam sesi acara tersebut, Fitri juga menguraikan beberapa tujuan dalam manajemen keuangan, bagaimana cara memaksimalkan bisnis yang akan berimbas kepada keuntungan yang didapat. 


"Memaksimalkan keuntungan, menjaga arus kas, mempersiapkan struktur modal, mengoptimalkan kekayaan perusahaan, dan mengoptimalkan keuangan," katanya. 


Lebih lanjut, AMIGA memperkenalkan aplikasi bernama AFIN, yang dapat membantu para pelaku usaha mencatat keuangan melalui sistem chat Whatsapp maupun Website. 


Pelatihan juga diberikan mengenai cara mengunduh, mendaftar, dan menggunakan aplikasi AFIN. Aplikasi ini menawarkan promo menarik, yaitu gratis pemakaian selama 1 bulan pertama dan dilanjutkan dengan pembayaran Rp 1.000 per harinya.


Farid Rifai, Bendahara Umum OK OCE Indonesia, juga berbagi pengalaman wirausaha dan mengharapkan para peserta UMKM lebih menyadari pentingnya pencatatan keuangan. 


Dia menegaskan bahwa pelatihan Pencatatan Keuangan adalah bagian dari pedoman OK OCE yang mencakup 7 TOP, termasuk Pencatatan Keuangan sebagai salah satu tahapannya.


Farid Rifai, Bendahara Umum OK OCE Indonesia,


“Acara pelatihan Pencatatan Keuangan ini menjadi momen berharga bagi peserta untuk menerima ilmu dan mengaplikasikannya dalam usaha sehari-hari," ungkapnya. 


Farid berharap ilmu yang disampaikan dapat dijadikan amal jariyah dengan membagikannya kepada keluarga, anggota komunitas, dan kerabat terdekat.


"Dengan kolaborasi antara OK OCE Indonesia dan AMIGA serta hadirnya aplikasi AFIN, diharapkan UMKM akan lebih mudah mencatat keuangan dan dapat memantau alur masuk dan keluar pendapatan dengan lebih baik. Semoga upaya ini dapat membantu UMKM tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan," pungkasnya.