Notification

×

Iklan

Iklan

IJPN dan Kemkominfo RI Edukasi Generasi Milenial Papua Soal Pemilu Era Digital

Kamis, 25 Mei 2023 | 15:57 WIB Last Updated 2023-05-25T08:57:49Z

Karl Karoluz Wagab Meak ST. MT, Dosen Universitas Cenderawasih (kiri), Ketua Umum Pengurus Pusat IJPN, Roberthus Yewen S.Sos., M.Si,(kiri tengah), Akademisi Sosiolog Universitas Cenderawasih, Prof. Dr. Drs. Ave Lefaan, M.S.(tengah), Komisioner Bawaslu Provinsi Papua, Nicko Tunjanan S.S (kanan)


AKURATNEWS.ID,JAYAPURA - Ikatan Jurnalis Pelajar Nusantara (IJPN) Papua melanjutkan komitmennya membangun literasi ratusan pelajar dan mahasiswa dengan memberikan informasi dan edukasi terkini, terutama literasi mengenai pesta demokrasi dan pemilihan umum 2024, mewujudkan kehidupan demokrasi berkualitas penentu pemerintah positif lima tahunan bagi masyarakat Papua. 


Kegiatan forum diskusi publik "Partisipasi Milenial Pada Pemilu 2024 Diera Digital" di dukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) bersama narasumber dari : KPU Papua, Bawaslu Papua, serta Universitas Cenderwasih Jayapura. Rabu (24/5/2023) Horizon Hotel Abepura.


Tujuan kegiatan Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran generasi muda, tentang pentingnya Pemilihan Umum, keterlibatan generasi muda, terutama pelajar dan mahasiswa yang telah memiliki hak pilih, dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.


Meningkatkan literasi digital generasi millennial hindari disinformasi atau kabar pals di tahun politik menjelang pemilu, ciptakan pemahaman dan Gerakan generasi millennial Gen Z bersama pemerintah mewujudkan Papua Tanah Damai.


Ketua Umum Pengurus Pusat IJPN,Roberthus Yewen S.Sos., M.Si, menuturkan kegiatan ini mampu memberikan informasi bagi Gen Z sukseskan pemilu di Papua.


“Dengan dukungan Direktorat Jenderal Komunikasi dan Informasi Publik, 


Kemenkominfo, maka IJPN telah melaksanakan kegiatan berkaitan dengan literasi jurnalistik dan literasi digital, yakni mendidik 30 mahasiswa Papua. 


Kita berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan pencerahan, dan semangat bagi para kelompok Milenial, sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam mewujudkan pemilu yang aman, nyaman, damai dan sukses di Tanah Papua,” tuturnya.


Sambutan Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum dan Keamanan, Bambang Gunawan, yang di wakili oleh


Pranata Humas Muda, Direktorat Jenderal Informasi dan Kominfo Publik, Kementerian Kominfo, Agus Tri Yuwono, mengatakan jumlah peserta Pemilu Gen Z mencapai 40% mampu memberikan pengaruh melalui fasilitas digital.


“Pemilih terbesar adalah kelompok pemilih pemula dan generasi muda, angkanya mencapai separuh dari total pemilih, yaitu 110 juta dari total 204.656.053 WNI (sumber DP4 yang diterima KPU RI Kementerian Dalam Negeri, 14 Desember 2022) Generasi Z akan sangat berpengaruh terhadap suara para kontestan Pemilu 2024, 40% dari jumlah penduduk negara Indonesia. Generasi Z memiliki pengaruh tersendiri dalam pemilu selain karena jumlahnya yang cukup banyak, generasi Z juga hidup pada era informasi di mana segala sesuatunya menggunakan internet atau media online,” pungkasnya.