Notification

×

Iklan

Iklan

Alat Pengembangan Pemrogram dan Debugger Terbaru dari Microchip

Sabtu, 20 Mei 2023 | 15:34 WIB Last Updated 2023-05-20T14:24:09Z

 


AKURATNEWS.ID, JAKARTA — Merespon kegunaan pemrograman dan debugging yang semakin penting dan memakan waktu secara manual bagi para perancang tertanam, Microchip Technology Inc. (NASDAQ: MCHP) kini meluncurkan dua alat yang menawarkan solusi cepat, terjangkau dan nyaman.


Debugger/pemrogram tertanam dalam sirkuit MPLAB ICD 5 dan MPLAB PICkit™ 5 baru memiliki kemampuan pemrograman jarak jauh untuk pengalaman pengguna yang lebih baik.

 

Debugger/pemrogram tertanam dalam sirkuit MPLAB ICD 5 menawarkan konektivitas canggih dan opsi daya untuk pengembang desain berdasarkan perangkat PIC®, AVR®, dan SAM serta Kontroler Sinyal Digital (Digital Signal Controllers – DSC) dsPIC®.


Karena mengurangi kebutuhan akan kabel daya, alat pengembangan ini dapat digunakan di lingkungan yang memerlukan penggunaan ruang yang efisien. Didukung oleh koneksi USB Type-C® ke PC atau Power over Ethernet (PoE)+, alat pemrograman dan debugging tertanam dalam sirkuit MPLAB ICD 5 bekerja dengan cepat, fleksibel, dan nyaman.


PoE+ memungkinkan perangkat ini untuk diberi daya oleh kabel yang sama dengan yang digunakan untuk komunikasi data tanpa memerlukan kabel daya tambahan. Selain fleksibilitas yang ditawarkan PoE+, koneksi Ethernet memungkinkan pengembangan jarak jauh dan isolasi dari kondisi lingkungan luar.

 

Debugging dan pemrograman jarak jauh melalui Ethernet, pemantauan daya untuk mengoptimalkan desain untuk daya, dan integrasi dengan sistem Integrasi Berkelanjutan dan Penerapan Berkelanjutan (Continuous integration/Continuous Deployment – CI/CD) menghadirkan pengalaman pengembangan yang kaya fitur dan didukung oleh kekuatan hardware dan kemampuan koneksi.


Pengguna dapat mengurangi waktu pengembangan mereka dengan menggunakan Arm® Single Wire Output (SWO) trace dan berbagai interface pemrograman dan debugging.

 

"Debugger/pemrogram tertanam dalam sirkuit MPLAB ICD 5 memperluas portofolio debugger kelas menengah Microchip untuk memberikan kemampuan tambahan dan fitur-fitur canggih yang biasanya hanya ada dalam produk yang lebih mahal," ujar Rodger Richey, Senior Director unit bisnis Development Systems Microchip.


"Hardware mutakhir dan pilihan konektivitas nirkabel membuat alat ini sangat serbaguna dan mudah digunakan saat merancang berbagai aplikasi," lanjutnya.

 

Debugger/pemrogram tertanam dalam sirkuit MPLAB PICkit™ 5 lebih fleksibel dibandingkan pendahulunya dan dapat digunakan baik saat terhubung ke komputer dengan MPLAB X Integrated Development Environment (IDE) maupun di lapangan. 


Kompatibel dengan semua arsitektur yang ditawarkan oleh Microchip, alat yang cepat dan portabel ini mampu melakukan pemrograman jarak jauh melalui aplikasi smartphone dari Microchip, Programmer-to-Go (PTG), yang telah diperbarui.


Alat ini menggunakan radio Bluetooth® Low Energy nirkabel yang memungkinkan pengembang untuk terhubung ke perangkat melalui smartphone mereka melalui aplikasi PTG. 


Dengan PICkit 5, beberapa gambar program dapat dipilih pada kartu SD melalui aplikasi sehingga pengguna dapat memprogram gambar-gambar yang berbeda di lapangan. Alat sebelumnya hanya mampu memprogram gambar dalam MPLAB X IDE atau MPLAB IPE sebelum pengguna turun ke lapangan.

 

"Debugger/pemrogram tertanam dalam sirkuit MPLAB PICkit™ 5 mempertahankan kecepatan dan faktor bentuk kecil dari pendahulunya sekaligus memperluas aspek portabilitas dari penawaran produk kami," kata Richey. "Kemampuan untuk memilih berbagai program di lapangan dan memanfaatkan aplikasi khusus kami memberikan banyak kegunaan untuk pemrograman."

 

Kedua alat ini didukung oleh MPLAB X Integrated Development Environment (IDE) dan MPLAB Integrated Programming Environment (IPE), program software dan interface pengguna dari Microchip yang sangat dapat dikonfigurasi. 


Versi terbaru dari MPLAB X IDE 6.10 akan diluncurkan dengan produk-produk ini dan akan menyederhanakan proses desain bagi pelanggan yang mungkin perlu bermigrasi dari satu perangkat Microchip ke perangkat lainnya untuk memenuhi kebutuhan berbagai aplikasi.

 

Debugger/pemrogram tertanam dalam sirkuit MPLAB PICkit™ 5 dijual seharga $94.99, dan debugger/pemrogram tertanam dalam sirkuit MPLAB ICD 5 dijual seharga $399.99.