Notification

×

Iklan

Iklan

PLN Gelar Mudik Bareng, Pendaftaran Hingga April

Kamis, 30 Maret 2023 | 13:47 WIB Last Updated 2023-03-30T06:47:12Z

Ilustrasi Mudik Gratis PLN bersama BUMN


AKURATNEWS.ID, JAKARTA – Perusahaan Listrik Negara (PLN) di tahun 2023 ini turut ambil bagian melaksanakan mudik gratis di tahun 2023 ini. Sejumlah tiket mudik gratis ke seluruh wilayah Indonesia telah disiapkan perusahaan plat merah yang mengelola energy listrik di tanah air ini.

 

Ada sekitar 10 ribu kursi yang disiapkan oleh PLN, yang mana masyarakat langsung mendaftarkan diri melalui aplikasi PLN Mobile. Dibuka untuk dua tahap. Tahap I dari tanggal 29-31 Maret 2023 dan tahap II dari tanggal 5-7 April 2023.

 

Selain wilayah Jabodetabek, PLN juga menggelar keberangkatan mudik bersama di beberapa kota, antara lain dari Bandung, Surabaya dan Bali.

 

Khusus Jabodetabek, tanggal keberangkatan 18 April 2023, dengan tujuan kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bandar Lampung, dan Palembang.

 

Menaggapi program mudik gratis PLN, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, mudik gratis kali ini PLN menyediakan 10.000 kuota peserta. Jumlah tersebut diharapkan mampu membantu pelanggan PLN di sekitar Jabodetabek dan beberapa kota besar yang ingin melakukan mudik.

 

“Ini agenda tahunan PLN. Wujud kepedulian kami untuk pelanggan PLN yang ingin mudik dan berkumpul dengan keluarga merayakan hari raya bersama,” ujar Dirut PLN, dalam keterangannya.

 

Darmawan berharap, mudik bersama ini akan mengalihkan pengguna kendaraan pribadi khususnya sepeda motor ke kendaraan umum yang memenuhi standar keselamatan. Selain itu, dengan berkurangnya penggunaan kendaraan pribadi juga akan mengurangi emisi.

 

“Sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir, program mudik gratis ini bertujuan untuk menyediakan moda transportasi umum yang aman. Sehingga risiko kemacetan dan kecelakaan saat mudik bisa berkurang,” pungkasnya.

 

Mekanisme yang diambil dalam pendaftaran mudik gratis PLN antara lain, peserta belum pernah mendaftar program mudik gratis di Kementerian BUMN atau instansi manapun.

 

Selanjutnya, pendaftaran dilakukan melalui PLN Mobile. Peserta wajib mengisi data diri sesuai dokumen yang dilampirkan yaitu KTP (untuk individu) dan KK (untuk keluarga) satu KK maksimal 4 orang.

 

Selain itu, setiap peserta harus mentransfer uang jaminan sebesar Rp 100.000/orang. Uang tersebut akan dikembalikan menjelang keberangkatan. Namun, uang jaminan tidak dapat dikembalikan jika peserta membatalkan keberangkatan.

 

Terakhir, pemudik balita terhitung 1 kursi dan wajib melampirkan akta kelahiran. Lima, tahapan pendaftaran akan ditutup ketika kuota telah terpenuhi.

 

Jika kuota terpenuhi maka pendaftaran bisa ditutup sewaktu-waktu dan akan diumumkan sebelum batas waktu yang ditentukan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi panitia di nomor 081389112628 (khusus WA).