Notification

×

Iklan

Iklan

Korea Utara Uji Senjata Nuklir Bawah Air

Jumat, 24 Maret 2023 | 10:36 WIB Last Updated 2023-03-24T03:36:34Z

Foto tanggal 24 Maret yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea resmi menunjukkan rudal jelajah strategis Korea Utara diluncurkan di Provinsi Hamgyong Selatan, 22 Maret. Yonhap


AKURATNEWS.ID, KOREA – Korea Utara (Korut) terus melakukan uji coba persenjataan perangnya di tengah latihan perang yang dilakukan oleh Korea Selatan bersama Amerika Serikat. Sejumlah hulu ledak ditunjukan oleh Korut, yang bisa disebut-sebut sebagai kekuatan perang Korut, di tengah memanasnya suhu politik antar Negara.


Salah satu yang dilakukan oleh Korut dalam intensitasnya melakukan pengujian senjata, Korut menguji senjata nuklir bawah air di awal pekan ini. Ledakan yang ditimbulkan oleh hulu ledak ini mampu menimbulkan "tsunami radioaktif"  yang secara tak disadari melakukan penyerangan terhadap musuh-musuhnya, seperti dilansir dari media pemerintah Pyongyang, Jumat, dari Yonhap.


Turut diinformasikan di wilayah terpisah, Korut juga melakukan latihan rudal jelajah menggunakan rudal  hulu ledak uji simulasi hulu ledak nuklir, karena mengecam latihan militer gabungan antara Korea Selatan dan Amerika Serikat.


Komisi Militer Pusat Partai Buruh (WPK) yang berkuasa di Utara memerintahkan latihan dari 21 hingga 23 Maret. 


"Untuk memperingatkan musuh akan krisis nuklir yang sebenarnya dan memverifikasi keandalan kekuatan nuklir untuk pertahanan diri," lapor KCNA. .


"Drone serangan nuklir bawah air dikerahkan di lepas pantai Kabupaten Riwon, Provinsi Hamgyong Selatan, pada hari Selasa dan mencapai titik target di perairan Teluk Hongwon yang ditetapkan sebagai pelabuhan musuh tiruan dengan hulu ledak uji, yang meledak di bawah air Kamis sore,” terang KCNA.


Drone yang dijelajahi dilaporkan telah menempuh jalur oval dan angka-8 di kedalaman bawah air 80 hingga 150 meter di Laut Timur Korea selama 59 jam 12 menit.


Korea Utara mengklaim bahwa drone, yang dirancang untuk menyusup secara diam-diam ke perairan operasional dan membuat tsunami radioaktif berskala super untuk menghancurkan kelompok penyerang angkatan laut dan pelabuhan utama musuh-musuhnya, dapat dikerahkan di pantai dan pelabuhan mana pun atau ditarik oleh kapal ke permukaan untuk operasi.


“Korea Utara mulai mengembangkan senjata nuklir bawah laut semacam itu pada 2012 untuk melampaui keunggulan militer dan teknis pasukan agresor imperialis," kata KCNA.


"Senjata rahasia itu diberi nama kerajinan serang nuklir bawah air tak berawak 'Haeil' pada kongres kedelapan WPK pada 2021 dan telah mengalami lebih dari 50 penggeledahan dalam dua tahun terakhir,” tambahnya.


KCNA mengecam AS dan rezim boneka pengkhianat Korea Selatan karena melakukan latihan perang yang disengaja, gigih, dan provokatif, dengan mengatakan bahwa latihan tersebut telah mendorong situasi militer dan politik semenanjung Korea ke titik berbahaya yang tidak dapat diubah.


Militer Korea Selatan sebelumnya mengatakan pihaknya mendeteksi beberapa peluncuran rudal jelajah dari kota Hamhung di timur Korea Utara pada Rabu pagi.