Notification

×

Iklan

Iklan

Jelang Pelaksanaan ASO, Kemenkominfo Pantau Distribusi STB

Jumat, 03 Maret 2023 | 14:18 WIB Last Updated 2023-03-03T07:18:34Z

 

Ilustrasi set top box yang ada di pasaran/akuratnews.id

AKURATNEWS.ID, JAKARTA - Menjelang pelaksanaan analog switch off (ASO), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus melakukan pemantauan, khususnya dalam distribusi set top box.


Pantauan distribusi terutama difokuskan di tiga wilayah siaran Bali, Kalimantan Selatan 1, dan Sumatera Selatan 1 yang akan berlangsung pada 20 Maret 2023.


"Kemenkominfo terus memantau persiapan ASO di ketiga wilayah, terutama penyediaan set top box (STB) untuk rumah tangga miskin," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong, dilansir dari antara, Jumat (3/3).


Usman menegaskan, pihaknya telah melakukan distribusi STB di tiga wilayah siaran itu hingga Rabu (1/3), mencapai 45 persen. Menurut Usman, distribusi perangkat mengalami kendala dalam  beberapa wilayah, salah satunya karena cuaca ekstrim.


"Salah satu hambatan (distribusi STB) karena faktor cuaca ekstrim di Kalimantan Selatan dan Sumatera Selatan, namun, hal ini tidak mengubah fokus persiapan di 20 Maret 2023," kata Usman.


Kementerian Kominfo juga berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan dan Gabungan Pengusaha Elektronik (Gabel) untuk ketersediaan STB bagi masyarakat yang ingin membeli mandiri.


Lembaga penyiaran telah sepakat untuk memprioritaskan ASO di wilayah siaran Bali, Kalimantan Selatan 1, dan Sumatera Selatan 1. Segala persiapan masih berjalan sesuai dengan rencana, seperti siaran digital yang sudah disiapkan untuk menggantikan siaran analog di ketiga wilayah siaran itu.


Sosialisasi tentang ASO di tiga wilayah siaran tersebut sudah ditayangkan oleh stasiun televisi sejak jauh-jauh hari.