Notification

×

Iklan

Iklan

Sambangi Flores Timur, Unika Atma Jaya Cari Pemimpin Masa Depan

Senin, 27 Februari 2023 | 21:19 WIB Last Updated 2023-02-27T14:19:32Z

Pemukulan gong yang dilakukan oleh Mgr Fransiskus Kopong Kung, Pr. didampingi seluruh perwakilan pimpinan Unika Atma Jaya./atma jaya


AKURATNEWS.ID, FLORES – Melalui program “Goes to Nusa tenggara Timur: Searching for Future Leader”, Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya, menyambangi Flores Timur untuk mencari calon pemimpin masa depan dengan memberikan bantuan beasiswa kepada 50 siswa dan siswi agar bisa menempuh pendidikan yang lebih tinggi.


Sebanyak 250 siswa dan siswi dari sejumlah sekolah menengah atas di wilayah Larantuka, Waiwerang, dan Lewoleba, Senin (27/2), terlihat antusias dan saling berebut mengangkat tangan untuk mendapat kesempatan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan para pengajar Unika Atma Jaya. 


Kunjungan ke Larantuka yang berlangsung selama lima hari berturut-turut hingga Jumat 3 Maret 2023, merupakan sosialisasi program perkuliahan serta pemberian beasiswa untuk melanjutkan studi di Unika Atma Jaya. Acara itu sekaligus test on the spot ke beberapa sekolah di wilayah Larantuka, Waiwerang, dan Lewoleba.


Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 27 Februari hingga 3 Maret 2023 dihadiri oleh ratusan putra-putri Flores Timur. Acara dibuka oleh Uskup Larantuka Mgr Fransiskus Kopong Kung, Pr. dan perwakilan pimpinan Unika Atma Jaya diwakilkan oleh Dr. Irenius Dwinanto Bimo, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.


Simbolisasi dilakukan dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh Mgr Fransiskus Kopong Kung, Pr. didampingi seluruh perwakilan pimpinan Unika Atma Jaya. Pemukulan gong juga dilakukan sebagai simbolisasi tanda dibukanya acara dan kerja sama sinergi antara Unika Atma Jaya dengan Keuskupan Larantuka.


“Unika Atma Jaya hadir sebagai kampus yang memiliki beragam keunggulan kini membuka kesempatan bagi putra dan putri Flores Timur untuk bisa melanjutkan pendidikan tinggi yang berkualitas. Kami sebagai perguruan tinggi juga ingin berkontribusi untuk membangun kualitas sumber daya manusia di Indonesia,” ungkap Irenius Dwinanto Bimo saat membuka acara.



Pada kesempatan yang sama Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya juga menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan awal kerja sama dengan menggandeng Keuskupan di wilayah timur. 


Selain itu berbagai program Beasiswa juga disampaikan kepada putra dan putri Flores Timur yang hadir, baik beasiswa potongan SPP, maupun beasiswa penuh (full) pendidikan, dan berbagai program beasiswa lainnya. Harapannya di masa depan, kerja sama ini dapat semakin meluas ke seluruh daerah-daerah lainnya.


“Untuk mencapai kualitas hidup yang baik diperlukan pendidikan yang baik. Kerja sama ini akan terus dikembangkan sehingga bermanfaat bagi anak-anak di wilayah timur, khususnya Larantuka, Flores,” sambut Uskup Larantuka, Mgr Fransiskus Kopong Kung, Pr.


Uskup Larantuka dalam sambutannya juga mengharapkan kerja sama yang berkelanjutan dengan Unika Atma Jaya dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi yang berkualitas. Program beasiswa yang diberikan oleh Unika Atma Jaya akan sangat bermanfaat bagi siswa-siswi Larantuka untuk mendapatkan pendidikan yang baik.


Kegiatan yang diinisiasi oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini dihadiri oleh berbagai SMA di Larantuka, diantaranya yaitu SMA Fransiskus Asisi, SMAK St. Darius, SMAK Frateran Podor, dan SMAN 1 Larantuka. Untuk kegiatan selanjutnya juga akan melibatkan banyak SMA lainnya di daerah Waiwerang dan Lewoleba.


Nantinya para penerima beasiswa dapat menyesuaikan dengan minat dan bakat mereka saat memilih program studi. Program yang dikembangkan ini dikhususkan untuk putra-putri di Flores Timur. Harapannya agar dapat kembali dan mengembangkan wilayah asal mereka.


Kerja sama yang dibangun ini menjadi penting dan bermanfaat bagi Indonesia. Nilai-nilai yang dimiliki Unika Atma Jaya diharapkan dapat membentuk karakter pada diri calon mahasiswa Flores Timur untuk dapat menjadi pribadi yang unggul, profesional, dan peduli.