Notification

×

Iklan

Iklan

Atasi Lonjakan Volume Sampah, Perlu Kesadaran Memilah Dari Rumah

Sabtu, 07 Januari 2023 | 12:37 WIB Last Updated 2023-01-07T05:37:20Z

AKURATNEWS.ID | BALI — Masalah sampah harus benar-benar ditangani bersama, kunci utama adalah tingkatkan kesadaran dalam memilah sampah dari rumah dengan sebaik-baiknya. 

Demikian hal tersebut disampaikan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat meninjau TPA Sente di Desa Pikat Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Sabtu (7/1). 

Turut hadir mendampingi Bupati, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung, I Ketut Suadnyana.

Bupati Suwirta juga menambahkan, sebelum adanya (Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center, pembuangan sampah ke TPA Sente yang mempunyai luas 98 are ini biasanya menampung 44 truck sampah per hari, namun setelah adanya TOSS Center kini pembuangan sampah ke TPA Sente hanya 13 truck per hari. 

Di TPA Sente saat ini juga sudah dipasang gas metan yang bertujuan untuk menghindari terjadinya kebakaran. 

"Kalau saja tidak ada TOSS Center mungkin volume sampah setiap hari akan terus membludak ke TPA Sante. Nah, setelah adanya TOSS Center kini sampah yang masuk ke TPA sudah mengalami penurunan," ujar Bupati Suwirta.

Hal yang paling penting, untuk menuntaskan masalah sampah ini Bupati Suwirta tidak henti-hentinya mengajak seluruh Perbekel, Jero Bendesa maupun masyarakat untuk bersama-sama mengatasi masalah sampah ini dengan optimal. Adanya program TOSS Center dan TPS3R di masing-masing Desa agar lebih dimaksimalkan dalam menangani sampah. 
Selain itu, pemilahan sampah dari rumah juga harus terus dilakukan dengan baik. 

"Sekali lagi kesadaran semua Desa yang sudah mempunyai TPS3R agar lebih maksimal dalam memilah sampah dari rumah. Mari kita bersama atasi masalah sampah ini dengan baik sehingga kesehatan kita tetap terjaga dan kita bisa terhindar dari penyakit," harap Bupati Suwirta. (**)