Notification

×

Iklan

Iklan

SD Angkasa 12 Halim Perdanakusumah Gelar Pentas P5 dan PJBL

Senin, 12 Desember 2022 | 20:34 WIB Last Updated 2022-12-12T13:34:06Z

Para murid SD Angkasa 12, saat mengikuti kegiatan P5. 

AKURATNEWS, JAKARTA - Proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Untuk itu proyek penguatan profil pelajar Pancasila menjadi penting dilaksanakan dengan alokasi waktu khusus guna memberi kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.


SD Angkasa 12 yang berlokasi di Komplek dirgantara II jl Gatot kaca Halim perdanakusumah melakukan pentas project penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dan Project Based Learning (PJBL) pada hari Senin, 12 Desember 2022.


Guna memupuk rasa cinta tanah air, kegiatan pentas P5 dan PJBL di mulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Para Guru dan peserta didik berdiri dengan khidmat menyanyikan lagu Indonesia Raya. 


Aam Nurdiana, S.Pd.I selaku Kepala Sekolah mengatakan, pentas yang diselenggarakan di SD Angkasa 12, diselenggarakan menjelang pembagian raport. 


"Jelang pembagian raport Sekolah, kami mengadakan pentas P5 dan PJBL," ujarnya.


Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. 


Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas.


Kelas 1dan 4  menampilkan P5 dan kelas 2, 3, 5, dan 6  menampilkan PJBL.


Dalam kegiatan proyek ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting sehingga peserta didik bisa melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya. 


Projek penguatan ini juga dapat menginspirasi peserta didik untuk memberikan kontribusi dan dampak bagi lingkungan sekitarnya.





Terdapat prinsip-prinsip utama dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila yaitu bersifat holistik, kontekstual, berpusat pada peserta didik, dan eksploratif. Proyek penguatan profil pelajar Pancasila sangat bermanfaat bagi peserta antara lain untuk memperkuat karakter dan mengembangkan kompetensi sebagai warga dunia yang aktif, melatih kemampuan pemecahan masalah dalam berbagai kondisi, serta memperlihatkan tanggung jawab dan kepedulian terhadap isu di sekitar. 


Lalu bagaimana tahapan pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila.


Berikut yang di tampilkan,

Kelas 1: Gaya Hidup Berkelanjutan

Kelas 2: Jenis-jenis Sampah

Kelas 3A: Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

Kelas 3B: Daur Hidup Hewan

Kelas 4: Gaya Hidup Berkelanjutan

Kelas 5: Ekosistem

Kelas 6A: Wirausaha

Kelas 6B: Pemasaran Wirausaha


Dan ada juga lomba mewarnai untuk TK, ada 35 anak yang ikut lomba mewarnai, peserta dari TK Angkasa dan di sekitaran lubang buaya, pondok gede, halim. 


Acara ini dipandu oleh bu Wintarti selaku Wali kelas 6a.


"Semoga dengan adanya pentas P5 dan PJBL ini anak anak jadi semakin kreatif, inovatif dalam pembelajaran," harap Kepala Sekolah.