Notification

×

Iklan

Iklan

Pejabat Bappeda Beber Tolok Ukur Sosok Pemimpin Sidoarjo Lima Tahun ke Depan

Kamis, 16 Mei 2024 | 01:05 WIB Last Updated 2024-05-16T02:20:51Z

Henry Purwaning Pasulu (tengah) bersama Pangdam V Brawijaya, Mayjen Rafael Granada Baay (kanan) dan Kasdam V Brawijaya, Brigjen Endro Satoto.

AKURATNEWS.IDSIDOARJO - Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sidoarjo, Henry P Pasulu membeberkan setidaknya ada empat tolok ukur sosok kepala daerah yang tepat memimpin Sidoarjo untuk lima tahun ke depan.


Pria alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) itu memaparkan pertama, memiliki INTEGRITAS. Basis dari integritas adalah karakter dan perilaku etis. Ia bermain pada aspek moral dan sifatnya personal. Ketat memegang komitmen dan konsisten menjalankan prinsip-prinsip kebenaran yang universal.


"Kedua, memiliki KAPABILITAS. Yakni, gabungan dari motivasi, pengetahuan dan ketrampilan. Orang yang memiliki kapabilitas berarti orang yang paham dan ahli di bidang pekerjaannya. Alat ukurnya jelas yaitu kualitas dan produktivitas dari hasil pekerjaannya," kata Henry pada awak media siber ini, Rabu (15/5/2024).


Lalu, sambung mantan Kepala Bidang Tata Ruang dan Pertanahan Dinas Perumahan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DP2CKTR) Sidoarjo ini, ketiga, memiliki OTORITAS.


"Otoritas itu wewenang jabatan berbasis legalitas formal. Artinya, mampu menggerakkan dan mengorkestrasi organisasi pemerintahan, tegas, tegar dan tegak dalam menerapkan peraturan," jelasnya.


Kemudian, lanjut Henry, keempat, memiliki KARITAS. Inilah yang sekarang menjadi mantra populer, bahwa pemimpin adalah pelayan.


"Ia memiliki sifat rendah hati dan respek kepada orang lain. Mengingat, jabatan adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat dengan cara melayani mereka sepenuh hati," pungkasnya. (Way)