Notification

×

Iklan

Iklan

Seberapa Penting Peran Asesmen untuk Menunjang Eksistensi Entitas Bisnis

Kamis, 26 Oktober 2023 | 15:27 WIB Last Updated 2023-10-26T08:27:38Z

Ilustrasi Asesmen/Ist


AKURATNEWS.ID, JAKARTA - Asesmen sebagai sebuah metode pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan, dan pencapaian hasil belajar peserta didik, menjadi hal penting, dihubungkan dalam eksistensi serta pencapaian target bisnis. 


Hasil asesmen kemudian digunakan sebagai bahan refleksi serta landasan untuk meni giatkan mutu pembelajaran. Untuk itu, UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan menjelaskan bukan hanya terkait dengan peraturan kerja, hubungan industrial, dan perjanjian kerja semata, namun juga termaktub soal pelatihan dan kompetensi kerja.


Dalam undang-undang tersebut juga dapat diketahui bahwa kompetensi merupakan kemampuan seseorang/individu/karyawan terkait dengan wawasannya, keterampilan kerjanya, sikap kerjanya, yang "harus" disesuaikan dengan standar yang ditetapkan oleh sebuah perusahaan, dan hal itu berlaku untuk semua karyawan di seluruh level divisi kerja. 


Setiap perusahaan pastinya mengidamkan karyawannya kompeten, karena dengan begitu perusahan dapat mengetahui sejauh mana karyawannya berkontribusi bagi perusahaan. 


"Kompetensi karyawan berbanding lurus atau berjalan beriringan dengan perkembangan perusahaan, semakin tinggi kompetensi SDM-nya, semakin produktif kinerjanya, maka semakin cepat perkembangan perusahaan untuk mencapai tujuannya," ujar Galuh Putri Asrirani, Kepala Divisi Asesmen SDM PPM Manajemen dalam keterangan persnya.


Bicara perusahaan, topiknya pasti tak jauh dengan sektor bisnis sebagai nafas eksistensi sebuah perusahaan. Bisnis lancar, daya tahan perusahaan tinggi bahkan berkembang dan mampu bersaing dalam industrinya. Hal itu bisa terjadi kalau perusahaan memiliki karyawan yang kompeten untuk menunjang bisnisnya. 


“Jadi bisa dibilang karyawan yang kompeten adalah salah satu kunci keberhasilan bisnis," sambung Galuh.


Lalu bagaimana sebuah perusahaan mengetahui sekompeten apa para karyawannya? Kita tentu mengenal istilah asesmen, sebuah proses menghimpun informasi terkait partisipan. 


Menurut S. Eko Putro Widoyoko (2012) Asesmen adalah kegiatan menafsirkan data hasil pengukuran berdasarkan kriteria dan aturan tertentu. Pada praktiknya asesmen memegang peran penting dalam mengetahui kekurangan dan kelebihan partisipan serta bisa memberikan arahan/usulan pengembangan diri partisipan.


Lebih detail, Divisi Asesmen SDM PPM Manajemen yang telah menjadi mitra strategis pelbagai perusahaan di Indonesia sejak lebih dari tiga dekade menjelaskan, asesmen merupakan program untuk mengidentifikasi profil kompetensi individu sesuai dengan syarat kompetensi jabatan.


Menggunakan kombinasi pendekatan untuk menghasilkan gambaran profil individu secara komprehensif, seperti Personality based Assessment, Knowledge based Assessment, dan Competency based Assessment, di mana dalam pelaksanaannya dapat dilakukan secara daring dan luring.


Tujuan dilakukannya asesmen adalah mengidentifikasi kandidat untuk suatu tujuan tertentu seperti seleksi, promosi, maupun rotasi. Selain itu, dengan dilakukannya asesmen, perusahaan dapat mengidentifikasi gap kompetensi dari kandidat yang nantinya bisa digunakan sebagai program pengembangan.


"Dengan kata lain, program asesmen merupakan program yang diperlukan oleh setiap perusahaan dalam pengelolaan SDM-nya dan meningkatkan kapabilitasnya dalam mencapai tujuan perusahaan. Karena tidak bisa kita pungkiri bahwa tenaga kerja yang terampil dan kompeten akan memaksimalkan produktivitas perusahaan," pungkas Galuh.


Tentang PPM Manajemen


Didirikan pada tahun 1967, PPM Manajemen telah menjadi mitra bagi pelbagai organisasi baik organisasi pemerintah, BUMN, swasta, maupun organisasi nirlaba dalam berbagi pengalaman di bidang pembelajaran teori dan praktik manajemen. 


Tidak hanya itu, PPM Manajemen juga telah menjadi mitra bagi para manajer dan calon manajer dalam upayanya mengembangkan keahlian atau kemampuannya di bidang ilmu manajemen.


PPM Manajemen terus berupaya tanpa henti untuk menjadi pelopor di bidang manajemen melalui berbagai riset dan penelitian yang bisa digunakan sebagai best practices bagi mitra PPM Manajemen. Hal ini sejalan dengan visi dan misi PPM Manajemen untuk terus memberikan dan menyediakan layanan berkualitas tinggi bagi mitra PPM Manajemen.


Saat ini kualitas layanan yang terjamin dan terpercaya dari PPM Manajemen sebagai lembaga manajemen pertama di Indonesia menyediakan solusi jasa layanan terintegrasinya melalui, Program Pengembangan Eksekutif, Program Pelatihan Sertifikasi, Pembelajaran Inggriya (In-House Learning), Riset dan Konsultansi, Asesmen SDM, dan Sekolah Tinggi Manajemen.