Notification

×

Iklan

Iklan

Rayakan Milad ke 166 dan Sedekah Bumi, Warga Desa Cipajang Gelar Pentas Budaya

Selasa, 22 Agustus 2023 | 14:40 WIB Last Updated 2023-08-22T08:10:10Z

Upacara sedekah bumi masyarakat Cipajang, Jawa Tengah. 


AKURATNEWS.ID, CIPAJANG - Desa Cipajang, Jawa Tengah, belum lama ini baru saja merayakan acara kegiatan ulang tahun yang ke-166 dan Sidekah Bumi. Perayaan yang diselenggarakan selama 2 hari, Jumat- Sabtu (18-19/8/2023) di lapangan sepak bola Desa Cipajang, kecamatan Banjarharjo kabupaten Brebes.


Dalam rangkaian acara kegiatan ulang tahun tersebut, diadakan kegiatan pentas budaya tentang kegiatan tempo dulu. Diantaranya yaitu pentas tari jaipong klasik, kemudian tari rudat yang dimana tari rudat ini perpaduan rebana dan nyayian keagamaan tempo dulu dan tarian yang mirip tari-tarian tradisional daerah Aceh. 


Kemudian, ada tarian tumbuk lesung, dimana kesenian ini dimulai saat ibu-ibu jaman dahulu menumbuk padi. Untuk menghilangkan kejenuhan dalam menumbuk padi, maka suara tumbukan lesung itu disusunkan nadanya yang diringi dengan nyanyian-nyaian sambil menumbuk padi. 


Dalam rangkaian pentas budaya Cipajang tempo dulu dan kirab sidekah bumi ini disponsori oleh pengusaha lokal yang bernama Hendra, sosok pengusaha muda yang bergerak dalam bisnis konstruksi dan pengadaan barang kebutuhan bahan konstruksi lainnya.


Owner Yuda Jaya, Hendra (kiri), memberikan hadiah kepada salah satu pemenang lomba. 


“Di hari ulang tahun ini, mari kita bersatu, berbagi cerita, dan merayakan pencapaian-pencapaian luar biasa yang telah kita raih bersama sebagai sebuah komunitas. Semoga Desa Cipajang terus berkembang dan menjadi tempat yang lebih baik lagi di masa depan," kata Hendra. 


Yuda Jaya sebagai perusahan lokal milik Hendra di desa Cipajang selama ini telah bergerak konsisten dalam kegiatan-kegiatan kebudayaan, kesehatan, keolahragaan kepemudaan, kelestarian lingkungan dan kegiatan sosial lainya. 


Kepala Desa Cipajang, Takib Wilman Hakim SH. M.Kn menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan ini dikuti oleh 5 RW dan 25 RT yang ada diikuti oleh sekitar 2350 warga dari total warga 4000 jiwa penduduk yang ada didesa Cipajang. 


Kepala desa Cipajang menyambut antusias segala sepak terjang Yuda Jaya yang konsisten bergerak dalam 5 tahun ini. 




“Perusahaan ini punya visi dan kreativitas tinggi yang selalu menginspirasi semua kalangan dalam segala kegitannya,” ucap Kepala Desa.


Sedangkan untuk manfaat dari kegiatan kebudayaan ini yaitu, mengingatkan kembali generasi pemuda agar budaya ini tidak boleh hilang terkikis jaman, meyadarkan kembali semua lapisan untuk kita menjaga budaya peninggalan leluhur, mengembalikan identitas Desa Cipajang yang mempunyai budaya yang luhur dan bernilai.


Selama ini, Desa Cipajang telah menjadi tempat di mana solidaritas dan persatuan selalu dijunjung tinggi. Semua warga Desa Cipajang telah berkontribusi untuk menjadikan desa kita sebagai tempat yang nyaman dan indah untuk tinggal.