Notification

×

Iklan

Iklan

Universitas MH. Thamrin Ajak Siswa SMK dan Mahasiswa Melek Teknologi Perbankan

Minggu, 07 Mei 2023 | 22:52 WIB Last Updated 2023-05-07T15:52:00Z

Edukasi “Peranan dari SOA dalam Teknologi Perbankan, yang diselenggarakan Universitas MH. Thamrin di Ruang auditorium Universitas MH. Thamrin lantai 5.


AKURATNEWS.ID, JAKARTA – Dunia perbankan saat ini mengaplikasikan teknologi modern, tentu saja hal tersebut berkaitan dengan factor keamanan, kemudahan, demi memberikan kepercayaan kepada public dalam pengelolaan keuangannya.


Salah satu system yang saat ini dianut oleh dunia perbankan dalam layanannnya yakni dengan mengaplikasikan arsitektur teknis yang digunakan untuk membangun layanan web secara resmi, atau lebih dikenal sebagai service-oriented architecture (SOA). 


Untuk memberikan pemahaman sejak dini kepada generasi muda saat ini sebelum mereka masuk dalam kondisi dunia kerja perbankan yang mengaplikan SOA, Universitas MH. Thamrin memberikan edukasi kepada siswa SMK tingkat akhir dan para mahasiswa, khususnya dari prodi manajemen Bisnis Universitas MH. Thamrin Jakarta.


Praktisi SOA Perbankan Grahita Nugraha S.Sim. Kom, mengungkapkan diskusi tentang SOA akan bermanfaat untuk para mahasiswa yang nantinya akan terjun ke dunia perbankan, khususnya di bidang IT.


“SOA merupakan salah satu cabang ilmu dalam sistem desain di bidang IT, di mana banyak diimplementasikan di beberapa industri, termasuk perbankan,” ujarnya ditemui  di Ruang auditorium Universitas MH. Thamrin, Jakarta, beberapa waktu lalu.


Praktisi SOA Perbankan Grahita Nugraha S.Sim. Kom


Lebih jauh, Grahita menjelaskan,  dalam dunia perbankan besar sistem-sistem yang terlibat sangat banyak. Bagaimana me-management sistem-sistem yang banyak seperti itu, nanti akan menjadi tantangan ke depannya. 


“Kita bicara sebuah system yang sifatnya enterprise, besar sekali. Mungkin kalau misalnya kita ke fintech yang mungkin baru release, baru jalan, yang mana sistemnya mungkin tidak banyak, system ini tidak relevan (SOA). Tapi kalau perusahaan yang sudah besar, sangat relevan. Jadi bicara integrasi, lalu bicara layanan,” jelasnya. 


Grahita mengatakan, layanan dari suatu organisasi termasuk perbankan berangkat dari layanan dasar. Lalu muncul teknologi digital, lalu bagaimana mengekspos layanan-layanan itu ke publik, terutama dengan kerjasama-kerjasama atau kolaborasi dengan perusahaan-perusahaan lain.  


“Jadi misalkan banyak aplikasi-aplikasi perbankan yang sudah seperti Super App, salah satu contoh ada aplikasi perbankan yang bisa beli tiket di situ, padahal tiket itu bukan bisnisnya perbankan. Tapi, karena kita kolaborasikan salah satu provider yang bisa menyediakan tiket untuk pelanggan, itu kita bisa langsung transaksi di situ, itu menariknya, jadi sudah mulai ke sana,” ungkapnya.


“Saya pikir untuk mahasiswa baru season seperti ini sangat penting sekali, karena nanti ini lebih mendekatkan pengetahuan mereka, tidak kaget ketika masuk dalam dunia kerja. Jadi sudah tahu apa yang nanti akan dilakukan. Yang mana MH. Thamrin sebagai Kampus Merdeka sudah mengharuskan akan ada program magang, itu sangat membantu untuk mereka supaya lebih cepat beradaptasi saat masuk ke dunia industri,” lanjutnya.


Sementara itu, Jabatan Dekan Fakultas Komputer Dedi Setiadi menyampaikan, dengan digelarnya acara yang mengangkat tema “Peranan dari SOA dalam Teknologi Perbankan,” bagaimana mahasiswa ilmu Komputer mengenal, bahwa teknologi Komputer itu tidak hanya di jaringan dan web saja, tetapi merambah ke dalam dunia industri, khususnya perbankan.


Dekan Fakultas Komputer Universitas MH. Thamrin Dedi Setiadi. 

“Bagaimana setiap mahasiswa bisa mensinergikan dirinya dengan dunia lain,” ungkapnya.


Dedi juga menyampaikan, Kampus Universitas MH. Thamrin mengundang siswa SMK dari Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. “Mereka kita undang bagaimana dunia IT itu dalam dunia perbankan,” katanya.


“Dengan menghadirkan siswa-siswa SMK, harapan kami, Universitas MH. Thamrin menjadi kampus pilihan mereka khususnya dalam ilmu komputer,” pungkasnya.


Sebagai informasi, Universitas MH. Thamrin akan menggelar acara-acara edukasi serupa, yang mana pembahasannya akan lebih bervariatif. Disebutkan, selain perbankan, akan ada pembahasan-pembahasan terkait dunia pemerintahan, indutri otomotif dan lainnya, yang digelar setiap Hari Sabtu, di setiap minggunya.