Notification

×

Iklan

Iklan

Tiga WNA Asal Rusia Menangis dan Minta Maaf Secara Niskala di Pura Pengubengan Besakih

Rabu, 03 Mei 2023 | 20:13 WIB Last Updated 2023-05-03T13:21:41Z

AkuratNews.id | BALI — Tiga WNA asal Rusia  yang menari dengan pose dan busana tidak pantas di Pura Pengubengan Besakih, Karangasem yang dilakukan pada Minggu (30/4/2023) lalu, kini akhirnya benar-benar datang untuk meminta maaf secara Niskala, pada Rabu (3/5/2023) siang atau bertepatan dengan Rahinan Hindu Bali, Buda Wage Klau.

Ketiga pelaku, Sasha, Yulia dan Martha melaksanakan ritual permohonan maaf datang diantar pihak imigrasi. Ketiganya langsung tersentak begitu tiba di candi bentar gerbang masuk Utama Mandala Pura Pengubengan, posisi tepatnya mereka menari dan berpose dengan busana tidak pantas. Mereka kemudian langsung menyakupkan tangan untuk memohon maaf sebelum masuk ke Utama Mandala. 

Raut wajah dengan isak tangis penyesalan terlihat di wajah ketiganya saat Pemangku setempat, Jro Mangku Nyoman Artawan  memulai ritual permohonan maaf secara niskala dengan menghaturkan puja bakti dan pemuspaan. 

Tak hanya meminta maaf secara Niskala kepada yang berstana di Pura Pengubengan dan di Pura Besakih, permintaan maaf juga dilontarkan kepada pihak lembaga Desa Adat dan Umat Sedarma.

Sementara, sebelum ketiga WNA tersebut datang, Jro Mangku setempat telah melaksanakan upacara Pemerastita Durmanggala Pengulap terlebih dahulu, barulah WNA tersebut melakukan prosesi persembahyangan dengan Banten pejati.

Atas kejadian ini, pihak Pemangku Pura Pengubengan berharap dan menghimbau kepada siapapun yang akan melakukan persembahyangan ke Pura Pengubengan harus mematuhi aturan yakni mengenakan Kamen atau Kain Sarung dan berlalu sopan, tertib.  (Ami/bkn)