Notification

×

Iklan

Iklan

Perang Chip, AS Didesak Hormati Aktivitas Komersial Korea

Sabtu, 27 Mei 2023 | 12:06 WIB Last Updated 2023-05-27T05:06:27Z

Seorang karyawan Samsung Electronics bekerja di lini produksi chip memori di pabrik perusahaan di Xi'an, China, dalam file foto 9 Mei 2014 ini. (Yonhap)


AKURATNEWS.ID, INTERNASIONAL – Amerika Serikat (AS) diminta mengumumkan pembatasan peralatan semikonduktor yang diimpor ke China pada Oktober 2022 untuk membatasi teknologi chip China. Meskipun Samsung dan SK hynix menerima penangguhan hukuman satu tahun dari peraturan tersebut, Rep. Gallagher berpendapat bahwa Samsung dan SK hynix tidak boleh menerima penangguhan hukuman karena Micron dihukum di China.


Hal tersebut didasari permintaan agar AS memberi raksasa chip Korea, Samsung Electronics dan SK hynix penghormatan tertinggi atas aktivitas komersial mereka di pasar China pada saat permintaan meningkat di antara politisi AS agar perusahaan Korea tidak diizinkan untuk mengisi kekosongan yang tersisa di China oleh larangan pembuat chip A.S. Micron Technology, menurut para ahli, Jumat (26/5).


Para ahli mengatakan bahwa menekan perusahaan Korea lebih jauh untuk membatasi aktivitas komersial mereka di pasar China akan menjadi penghalang bagi perusahaan swasta, karena mereka sudah sepenuhnya setuju dengan pembatasan AS pada teknologi chip China.


Mereka menambahkan bahwa langkah tersebut dapat menyebabkan reaksi berantai negatif pada semua perusahaan chip, termasuk raksasa chip AS jika dilihat dalam konteks yang lebih luas, karena industri tersebut tumbuh berdampingan dengan China, yang memiliki pasar chip terbesar di dunia.


"Mike Gallagher adalah salah satu dari 435 perwakilan dewan di Kongres AS. Fakta bahwa dia sangat berisik tidak membuatnya lebih penting daripada yang lain," kata Jim Handy, direktur umum di perusahaan riset pasar semikonduktor yang berbasis di Silicon Valley, Objective Analysis, dikutip dari Korea Times.


“Apa pun isu yang sedang dibahas, beberapa perwakilan akan mengambil sikap tegas, dan yang lain akan menentangnya. Itu adalah sesuatu yang dilakukan politisi untuk membuat konstituen mereka sadar bahwa mereka bekerja keras untuk memenuhi cita-cita pemilih. Saya menduga hal yang sama berlaku dalam politik Korea."


Menyatakan bahwa "Samsung dan SK hynix berada dalam posisi yang sangat sulit" di tengah meningkatnya perang teknologi chip antara AS dan China, analis tersebut mengatakan bahwa perusahaan Korea tersebut menyebutkan bahwa karena kehadiran mereka yang besar di China, mereka saat ini tidak dapat mengambil semuanya. Strategi bisnis mereka ke arah yang diinginkan AS.


"Mereka berdua telah bekerja keras untuk memenangkan hati pemerintah China dengan membangun fasilitas besar dan penting di Wuxi (SK hynix) dan Xi'an (Samsung)," katanya. "Jika mereka tiba-tiba mengikuti setiap keinginan yang datang dari politisi AS mana pun, maka China akan menemukan cara untuk membuat perusahaan-perusahaan ini berharap mereka tidak melakukannya."


Pakar tersebut juga memperkirakan bahwa terserah kepada pemerintah Korea untuk memutuskan bagaimana bertindak di tengah sengketa perdagangan AS-Tiongkok.


"Korea memiliki hubungan perdagangan yang sangat baik dengan China dan hubungan perdagangan dan militer yang baik dengan AS. Pemerintah Korea terjebak di tengah pertempuran antara dua raksasa ini. Korea harus bekerja keras untuk menemukan solusi diplomatik, dan saya tidak Saya tidak mengharapkan solusi untuk melibatkan memilih satu sisi dari yang lain," katanya.


"Sementara politisi AS dapat mengambil sikap tegas, dan dapat mengatakan bahwa Korea harus melakukan ini atau tidak melakukan itu, keputusan ada di tangan Korea. Jika AS meminta sesuatu sebagai sebuah negara, maka pemerintah Korea pasti akan berpikir sangat serius tentang apa yang harus dilakukan. Jika seorang politisi meminta sesuatu maka saya berharap pemerintah Korea menunggu untuk melihat apa yang dipikirkan oleh pemerintah AS lainnya."


Dia menambahkan bahwa Micron menghilang dari pasar China tidak akan se-ekstrim yang ditakutkan anggota kongres AS. "Saya yakin Samsung dan SK hynix ingin Micron tetap menjadi pemasok penting," katanya. 


"Pelanggan mereka akan sangat gelisah jika satu lagi pembuat DRAM menghilang. Saya berharap mereka mengambil langkah-langkah yang diperhitungkan untuk memastikan bahwa pelanggan mereka di China mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan Micron tidak hancur sebagai hasilnya."


Seperti yang Handy sebutkan, Jensen Huang, CEO raksasa chip AS Nvidia, mengatakan dalam sebuah wawancara baru-baru ini bahwa perang chip yang meningkat melawan China oleh AS dapat membawa kerusakan besar pada industri teknologi AS.


"Jika kita kehilangan pasar China, kita tidak memiliki kemungkinan untuk itu. Tidak ada China lain, hanya ada satu China," kata Huang. (Yonhap)