Notification

×

Iklan

Iklan

Lebaran Tanah Abang, Ragam Tradisi Betawi Digelar

Sabtu, 27 Mei 2023 | 14:44 WIB Last Updated 2023-05-27T07:44:59Z

Panggung Utama gelaran Lebaran Tanah Abang 2023/akuratnews.id


AKURATNEWS.ID, JAKARTA - Mengusung tema "Kolaborasi Tenabang untuk Indonesia", hari ini Tanah Abang kembali merayakan lebarannya, yang diselenggarakan oleh Pemuda Tanah Abang. 


Sejumlah warga yang diketahui sebagian besar berasal dari warga tenabang, meramaikan acara Lebaran Tenabang 2023, Sabtu (27/5), yang diperingati setiap tahunnya. 


Beragam budaya khas Betawi, digelar dalam tradisi yang dihadiri oleh warga dari ragam kalangan umur, baik anak-anak hingga orang dewasa yang datang sejak pukul 09.00 WIB, secara antusias. 


Pembukaan acara dimeriahkan dengan tradisi Palang Pintu dan diawali dengan bunyi petasan renceng.


Pedagang Kerja Telor di Lebaran Tanah Abang. 


Tanah abang yang dikenal dengan pasar textil-nya hingga ke mancanegara ini, hari ini juga menggelar beragam makanan yang dijajakan berupa stan-stan yang berbaris secara rapih. 


Lomba koreografi silat, lomba menguliti kambing, lomba Sikumbang Tenabang, hingga hingga orkes sembrah, memeriahkan gelaran yang menjadi kebanggan warga Tanah abang ini. 


Selain lomba serta stan dagangan yang digelar, panitia menyiapkan panggung pertunjukan yang diperuntukan bagi masyarakat yang hadir. 


Permainan Flying Fox yang berada di Kecamatan Tanah Abang


Dari pantauan redaksi akuratnews.id, di dalam Kecamatan Tanah Abang, juga dibuatkan permainan bagi anak-anak yang ingin menguji nyali dengan permainan Flying Fox, tanpa dipungut biaya. 


Dari informasi yang didapat, gelaran Lebaran Tanah Abang ini digelar selama satu hari penuh. Yang jadwalnya berlangsung hingga pukul 21.00 WIB.