Notification

×

Iklan

Iklan

E-Fuse Demonstrator Silikon Karbida untuk Keamanan Kendaraan Listrik

Rabu, 10 Mei 2023 | 20:37 WIB Last Updated 2023-05-10T13:37:00Z



AKURATNEWS.ID, JAKARTA — Subsistem kelistrikan tegangan tinggi di Kendaraan Listrik Baterai (Battery Electric Vehicles – BEV) dan Kendaraan Listrik Hibrida (Hybrid Electric Vehicles – HEV) memerlukan mekanisme untuk melindungi distribusi tegangan tinggi dan beban jika terjadi kondisi beban berlebih. 


Untuk memberikan solusi perlindungan sirkuit tegangan tinggi yang lebih cepat dan andal bagi desainer BEV dan HEV, Microchip Technology Inc. (Nasdaq: MCHP) hari ini mengumumkan E-Fuse Demonstrator Board yang diaktifkan dengan teknologi silikon karbida (SiC), tersedia dalam enam varian untuk sistem baterai 400–800V dan dengan current rating hingga 30 ampere.


E-Fuse demonstrator ini dapat mendeteksi dan menginterupsi arus gangguan dalam mikrodetik, 100–500 kali lebih cepat daripada pendekatan mekanis tradisional karena desainnya yang solid-state dan bertegangan tinggi. 


Waktu respons yang cepat mengurangi arus hubung singkat puncak dari puluhan kilo-amp menjadi ratusan amp secara substansial, yang dapat mencegah peristiwa gangguan yang mengakibatkan kegagalan berat.


“E-Fuse demonstrator ini memberikan solusi teknologi berbasis SiC bagi desainer OEM BEV/HEV untuk memulai proses pengembangan mereka dengan metode yang lebih cepat dan andal untuk melindungi elektronika daya,” jelas Clayton Pillion, wakil presiden unit bisnis silikon karbida Microchip. 


“Desain solid-state E-Fuse juga mengurangi masalah keandalan jangka panjang tentang perangkat elektromekanis karena tidak ada degradasi akibat guncangan mekanis, lengkung, atau pantulan kontak,” lanjutnya. 


Dengan fitur E-Fuse demonstrator yang dapat disetel ulang, desainer dapat dengan mudah mengemas E-Fuse di dalam kendaraan tanpa beban kendala desain untuk servis (design-for-serviceability). Hal ini mengurangi kerumitan desain dan memungkinkan pengemasan kendaraan yang fleksibel guna meningkatkan distribusi sistem daya BEV/HEV.


OEM dapat mempercepat pengembangan aplikasi tambahan berbasis SiC dengan E-Fuse demonstrator karena interface komunikasi Local Interconnect Network (LIN) yang tersemat. 


Interface LIN memungkinkan konfigurasi karakteristik over-current trip tanpa perlu memodifikasi komponen hardware, dan juga melaporkan status diagnostik.


E-Fuse demonstrator ini memanfaatkan ketangguhan dan kinerja tak tertandingi dari teknologi SiC MOSFET Microchip dan Core Independent Peripherals (CIP) mikrokontroler PIC® dengan interface berbasis LIN. 


Komponen-komponen pendamping memenuhi syarat otomotif dan menghasilkan jumlah bagian yang lebih rendah dan keandalan yang lebih tinggi dibandingkan desain terpisah.


Solusi daya SiC Microchip memberikan portofolio MOSFET, dioda, dan kemudi gerbang (gate driver) terluas dan paling fleksibel di industri dalam die kosong, diskrit, modul, dan modul daya yang dapat disesuaikan. Untuk informasi lebih lanjut tentang semikonduktor SiC Microchip, kunjungi situs web Microchip.


Alat Pengembangan


E-Fuse Demonstrator Board didukung oleh MPLAB® X Integrated Development Environment (IDE) untuk memungkinkan pelanggan mengembangkan atau melakukan debug software dengan cepat. 


Alat pengembangan LIN Serial Analyzer memungkinkan pelanggan untuk mengirim dan menerima pesan serial dari PC ke E-Fuse Demonstrator Board dengan mudah.