Notification

×

Iklan

Iklan

Berdampak, Revitalisasi Kawasan Wisata Situ di Depok Jadi Sorotan

Jumat, 10 Maret 2023 | 06:09 WIB Last Updated 2023-03-09T23:09:36Z

Alat berat excavator atau beko tengah lakukan pengerukan lumpur di Situ Jatijajar, Tapos Depok, 21 Februari 2023 lalu. 


AKURATNEWS.ID, DEPOK -- Penataan dan revitalisasi kawasan destinasi wisata Situ Jatijajar mulai jadi sorotan dari warga lantaran dinilai beri dampak sosial dan ekonomi. 


Warga Jatijajar Asep (43) mengatakan sejak ada pekerjaan proyek di Situ Jatijajar tidak lagi ada warga atau wisatawan yang berkunjung untuk bersepeda air karena air situ yang keruh dan dibuat dangkal.


"Akhirnya kami kehilangan pemasukan dari warga yang biasanya selalu ada saja yang berwisata di situ ini," kata Asep, di Situ Jatijajar, Kamis,(9/3).


Menurut dia, dampak pekerjaan proyek juga kerap menganggu akses jalan menuju ke dermaga situ lantaran banyak dipenuhi material proyek yang diturunkan di akses jalan masuk area Situ Jatijajar  


"Batu kali sama pasir untuk kerjaan proyek jelas menganggu warga yang mau masuk area situ karena ditumpuk di akses jalan masuk situ seperti sekarang itu," ujar Asep seraya menunjuk kearah tumpukan material proyek di jalan masuk area Situ Jatijajar.


Senada dikatakan Rio anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Jatijajar, Tapos Kota Depok yang juga keluhkan dampak dari proyek di Situ Jatijajar Depok.


"Jadi sepi yang datang bang. Air situ dibikin asat (surut) karena proyek itu," katanya.


Pemasukan kami dari sepeda air jadi tidak ada lagi karena air situ terlalu dangkal. "Udah dua minggu ngak ada pemasukan dari bebek-bebekan. Air situ terlalu cetek. Takut bawah bebek-bebekan bocor kena kayu dan lainya," ujar Rio. 


Pewisata, lanjut Rio, kayanya juga ngak minat karena air situ yang keruh dan dangkal. Apa lagi akses masuk juga banyak material proyek revitalisasi tersebut.


Sementara salah seorang pekerja proyek mengaku jika proyek sudah berjalan dari sekitar dua pekan lalu. "Saya di sini sudah dua mingguan pas alat berat beko (excapator) itu datang di sini," kata pekerja itu dilokasi proyek Situ Jatijajar sore hari kemarin.


"Kalau kerjaan turap baru satu mingguan. Udah ada sekitar 30 meteran. Rencana turap nya sampai depan mushola itu," jelas pekerja itu. 


Diketahui, pelaksanaan kerja proyek penataan dan revitalisasi kawasan destinasi wisata Situ Jatijajar Kota Depok iyu bernilai pagu anggaran Rp.3.2 miliar.


Proyek bernilai kontrak Rp.2.775 miliar itu dikerjakan oleh PT. Arin Anugrah dan digelar dari sumber dana Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat. (Eko Budi)