Notification

×

Iklan

Iklan

230 Peserta Semarakkan Kontes Ikan Mas Koki Bali

Minggu, 26 Februari 2023 | 20:47 WIB Last Updated 2023-02-26T13:47:34Z

AKURATNEWS.ID | BALI — Telaga yang merupakan sebagai salah satu wadah komunitas Ikan Mas Koki Bali di Kota Denpasar, pada Minggu (26/2) menggelar Kontes Ikan Mas Koki Bali di Areal Wantilan Desa Pakraman Peguyangan.

Pelaksanaan Kontes Ikan Mas Koki Bali ini dibuka Sekda Kota Denpasar, IB. Alit Wiradana. Tampak Hadir juga Anggota DPRD Kota Denpasar, Wayan Sutama, Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, IB. Mayun Suryawangsa, Camat Denpasar Utara, I Wayan Yusswara dan para komunitas Koki Bali.

Pada kesempatan tersebut Sekda Alit Wiradana mengapresiasi pelaksanaan Kontes Ikan Mas Koki Bali yang digelar Komunitas Telaga Koki Bali sebagai salah satu komunitas pembudidaya Ikan Mas Koki Bali di Kota Denpasar. 

Kegiatan ini tentunya dapat memberikan manfaat pelestarian budaya dan ekonomi kreatif. Hal ini tidak terlepas dari histori keberadaan Ikan Mas Koki Bali dan cerita Istana Balingkang. Dimana Ikan Mas Koki sebagai hadiah dari Raja Cina kepada Raja Bali saat itu yang hingga kini dikenal dengan nama Ikan Mas Koki Bali.

“Terdapat tiga manfaat dalam pelaksanaan kontes Ikan Mas Koki Bali yang dapat dirasakan tidak hanya pada pembudidayaan, penyaluran hobi dan ekonomi kerakyatan, disamping itu terdapat cerita dari keberadaan Ikan Mas Koki Bali ini dapat terus disosialisasikan sebagai warisan budaya di Bali, khususnya di Kota Denpasar,” ujarnya.

Sementara Ketua Panitia Telaga Koki Bali, Agus Cahyadi dalam laporannya menyampaikan  seiiring perjalanan sejarah dan perkembangan pembudi dayaan Ikan Mas Koki Bali yang memiliki warna bervariatif dengan keindahan dan ukuran ekor Ikan Mas Koki Bali yang bisa melebihi ukuran badannya. Hal ini yang menjadi daya tarik masyarakat pecinta Ikan Mas Koki Bali untuk memelihara maupun melakukan budidaya.

Dimana Telaga Koki Bali ini merupakan gabungan dari 3 komunitas yang memiliki visi misi yang sama dalam pelestarian dan budidaya ikan koki Bali. Yang mana kontes ini dilaksanakan selama 1 hari dan di ikuti 230 peserta dari 30 komunitas ikan Koki di Bali.

Adapun kriteria atau penilaian dari ikan mas koki kontes pada umumnya adalah dilihat dari berbagai aspek seperti kepala ikan, proporsi tubuh, warna tubuh, ekor atau sirip, mata, keaktifan ikan dan juga kesehatannya.

Seluruh bagian-bagian tersebut tentunya akan diperhatikan dengan teliti oleh para juri dalam kontes. Semakin ikan peserta memenuhi kriteria, maka semakin besar point yang  dikumpulkan untuk memenangkan kejuaran atau kontes ikan mas koki tersebut.

Kontes kali ini meperebutkan hadiah untuk juara 3 sebesar 500 ribu rupiah, juara 2 sebesar 750 ribu rupiah dan juara 1 sebesar 1 juta rupiah. Serta hadian menarik bagi pengirim ikan terbanyak yakni 1 ekor anak babi, 2 ekor bebek dan 3 ekor ayam, ini yang membedakan telaga kontes Koki Bali dengan yang lainya. (ays).