Notification

×

Iklan

Iklan

Viral, Makkah Tak Lagi Tandus

Selasa, 10 Januari 2023 | 15:16 WIB Last Updated 2023-01-10T08:16:21Z

Foto Facebook @Haramain Syarifain


AKURATNEWS.ID, JEDDAH - Fenomena alam terjadi di wilayah Makkah Arab Saudi. Pasalnya belum genap satu tahun, wilayah yang tergambar merupakan wilayah Pegunungan tandus terlihat menghijau, seperti dilansir dari The New Arab.


Pemandangan pegunungan di Arab Saudi yang menghijau itu dibagikan oleh akun Twitter resmi wilayah Makkah. Postingan tersebut telah mengumpulkan ratusan ribu penayangan di media sosial.


“Orang-orang Saudi menanggapi dengan gambar dan video mereka sendiri tentang tanaman hijau yang mengesankan, yang telah menyebar ke daerah lain, termasuk kegubernuran Laith, Taif dan Jeddah,” tulis The New Arab dikutip Senin (9/10/2023).


Fenomena alam yang tidak biasa ini disambut hangat oleh warga Arab Saudi. Tidak sedikit dari mereka yang mengungkap kekagumannya di media sosial.


Facebook Haramain Syarifain


“Sebuah lembah tanpa budidaya, dan terima kasih kepada Tuhan bumi dan langit, gunung-gunung di sekitarnya menjadi hijau dan gembira, Segala puji bagi Tuhan kami,” tulis pengguna Twitter, Ahmad Al-Assaf.


Hujan kini memang sering turun di Makkah sejak akhir 2022 hingga saat ini. Bahkan, hujan pernah memicu banjir bandang pada 23 Desember 2022, menyeret puluhan mobil, dan berakhir dengan mobil yang saling bertumpukan.


Berdasarkan visualisasi yang ditampilkan Arabia Weather, kawasan Arab Saudi pada awal tahun 2023 ini memang sebagian jadi hijau. Dan ketika dibandingkan dengan citra satelit Google Maps pada tahun 2000, terlihat bahwa Arab Saudi kini sudah lebih hijau karena sering hujan.


Hal sama juga dimuat media Haramainsharifain. Disebutkan bagaimana Makkah selama ini menerima hujan 2-3 hari setiap tahun, kini hujan terjadi terus menerus setiap dua hari sekali selama sekitar seminggu terakhir.




"Alhasil lanskap dan lembah Dua Kota Suci menjadi hijau di tengah pasokan air hujan yang terus menerus. Namun diperkirakan lanskap akan kembali tandus setelah musim hujan reda," tulis media itu dikutip Selasa (10/1/2023).


Sementara itu, pemandangan pegunungan yang tidak biasa mengejutkan dan menarik perhatian warga Arab Saudi. Mereka menanggapi dengan gambar dan video mereka sendiri tentang tanaman hijau yang mengesankan, yang telah menyebar ke daerah lain, termasuk pemerintahan kota Laith, Taif dan Jeddah.


Banyak yang mengungkapkan kekaguman mereka. Bahkan keinginan mereka untuk melestarikan alam baru seperti ini di Arab Saudi.


"Alhamdulillah dan terima kasih kepada Tuhan saja, kami meminta Yang Mahakuasa untuk mengabadikan (tanaman hijau) sebagai berkah bagi kami dan melindunginya, dari menghilang," kata seorang pengguna Twitter.


Sementara itu, dalam laporan Saudi Press Agency disebut tak sedikit masyarakat yang mendatangi wilayah tersebut untuk menikmati suasana keindahan alam. Mereka bahkan berlatih berbagai kegiatan, termasuk mengadakan barbekyu di luar ruangan hingga dini hari.