Notification

×

Iklan

Iklan

Pelatihan Pemandu Wisata Selam Masuki Hari Ketiga

Jumat, 02 Desember 2022 | 01:07 WIB Last Updated 2022-12-02T15:46:07Z

AKURATNEWS.ID | KARANGASEM — Guna tingkatkan profesionalisme para Pemandu Wisata Selam, mendapat pelatihan dari pemerintah Kabupaten Karangasem, sebagai wujud meningkatkan mutu atau kualitas aktifitas wisata di kabupaten Karangasem. 

Rabu, (30/11/2022)  Pelatihan ini telah memasuki hari ketiga. Dengan diikuti oleh 40 peserta yang merupakan diver di wilayah Tulamben dan Amed. Pelatihan juga dipandu oleh narasumber dari P3B, dengan pengaplikasian materi secara praktek. 

Kegiatan diawali dengan melakukan persiapan alat praktek, dilanjutkan dengan praktek pemberian briefing kepada para tamu yang akan dipandu. Setelah praktek briefing yang dilakukan oleh 10 kelompok peserta didampingi instruktur masing-masing, diadakan evaluasi terlebih dahulu oleh instruktur utama. Selesai evaluasi, seluruh peserta melanjutkan praktek berikutnya yaitu bongkar pasang peralatan selam serta praktek penyelaman di dalam laut. Dalam hal ini didampingi para instruktur dengan didahului briefing teknis dan latihan pernafasan. 

Kepala Disbudpar Kabupaten Karangasem, I Wayan Astika mengatakan jika giat pelatihan kali ini ditutup dengan Praktek penyelaman, tak lupa pula yang terpenting ialah memberi materi terkait keselamatan bagi para wisatawan. "Besok dilanjutkan dengan materi praktek penanganan keluhan wisatawan dan evaluasi secara menyeluruh," Kata Wayan Astika. (**)