Notification

×

Iklan

Iklan

Mengintip Riyadh Toy Festival, Program Hiburan dan Pendidikan Segala Usia di Arab Saudi

Sabtu, 31 Desember 2022 | 18:01 WIB Last Updated 2022-12-31T11:03:09Z

Penampakan gelaran Riyadh Toy Festival, di Arab Saudi/hwadi.events

AKURATNEWS.ID, RIYADH – Berbicara festival anak-anak, tentu kita akan menoleh gelaran Festival Permainan Anak Tradisional (FPAT), Festival Anak Nusantara (FAN) dan lain-lain sebagainya yang digelar di tanah air. Namun bagaimana jika ditanya tentang cara Arab Saudi menggelar Festival serupa, yang sekaligus digelar untuk segala usia menyatu, untuk memberikan edukasi kepada masyarakatnya.

 

Beberapa waktu ini, di minggu akhir bulan Desember, Arab Saudi menggelar Riyadh Toy Festival, yang diperuntukan bagi segala usia. Dalam festival ini disebutkan menawarkan berbagai program hiburan dan pendidikan untuk anak-anak dari segala usia, termasuk sains, kesehatan, dan kedokteran.

 

Acara yang digelar selama 10 hari ini, diselenggarakan di dekat Boulevard Riyadh City, yang menampilkan hiburan langsung dengan karakter populer dari "Transformers", "My Little Pony", "Sonic", dan "Barbie". Ada 35 area yang menampilkan merek mainan internasional terkenal.

 

Festival ini mencakup beberapa sub-zona seperti "Pusat Kota" untuk anak perempuan, "Pedesaan" untuk anak-anak prasekolah, "Lembah Adrenalin" dengan aktivitas realitas virtual, dan area "Hasbro Gaming", yang menampilkan permainan seukuran aslinya untuk keluarga.




Di area “Barbie”, anak-anak dapat bersenang-senang mempelajari berbagai profesi di lingkungan yang menarik.

 

Seorang pengunjung Sara Nasser, ibu dari Mohammed yang berusia 5 tahun, mengatakan bahwa penting bagi anak-anak untuk memperoleh pengetahuan dalam lingkungan yang santai.

 

“Saya seorang perawat dan suami saya adalah seorang ahli radiologi, dan kami mendorong putra kami untuk terus bertanya tentang sains dan tubuh manusia,” kata Nasser, dikutip dari Arab News.

 

Dia mengatakan putranya Mohammed, tertarik mengunjungi ruang dokter di area "Barbie".




Dr. Aya (yang hanya meminta nama depannya disebutkan), seorang praktisi medis penyakit menular yang bertanggung jawab atas ruang dokter, membawa anak-anak dalam perjalanan mendetail melalui tubuh manusia.

 

“Ada lima stasiun yang saya siapkan untuk mencerahkan anak-anak tentang berbagai jenis dokter dan melibatkan mereka melalui aplikasi fisik dan realitas virtual untuk mengikuti era digital,” katanya.

 

Stasiun pertama adalah tentang sistem pencernaan, di mana anak-anak diperbolehkan melihat langkah demi langkah bagaimana makanan diproses di dalam tubuh.

 

“Salah satu aspek yang saya fokuskan untuk melibatkan anak-anak ini adalah di mana dan bagaimana lemak dicerna dalam sistem. Dan saya terkejut dengan satu (pertanyaan) yang diajukan seorang anak karena itu menunjukkan kepada saya bahwa dia membuat asosiasi antara apa yang dia pelajari di sini dan dunia nyata.”




Dia mengatakan anak itu segera memberitahunya bahwa junk food itu buruk karena dicerna jauh lebih lambat di usus daripada makanan yang lebih sehat.

 

Stasiun lain berfokus pada kardiologi, oftalmologi, neurologi, pembedahan dan penjahitan, serta pertolongan pertama dan CPR untuk mempersiapkan anak-anak menghadapi situasi darurat.

 

Festival berlangsung hingga 1 Januari dan pintu dibuka mulai pukul 16:00. sampai 12 tengah malam pada hari kerja, dan sampai jam 1 pagi pada akhir pekan.