Notification

×

Iklan

Iklan

Lulusan Kursus dan Pelatihan Jadi Upaya Transformasi Pendidikan

Sabtu, 24 Desember 2022 | 21:15 WIB Last Updated 2022-12-24T14:15:54Z

 

Malam penghargaan Pendidikan Vokasi NonFormal Berprestasi Tahun 2022/Kemendikbud.

AKURATNEWS.ID, BEKASI - Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) khusus untuk lulusan kursus dan pelatihan menjadi salah satu upaya transformasi pendidikan vokasi nonformal dalam mengakselerasi pembangunan SDM agar berkembang secara relevan, sejalan dengan dinamika perubahan zaman.


Lembaga kursus dan pelatihan (LKP) memiliki peran dan fungsi sangat strategis dalam upaya peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) melalui kecakapan hidup (life skills education).


Demikian disampaikan Direktur Kursus dan Pelatihan (Dirsuslat), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Wartanto, pada acara Malam Penghargaan Pendidikan Vokasi Nonformal Berprestasi 2022 di Hotel Santika Mega City Bekasi, Jawa Barat, Selasa lalu, dilansir dari laman Kemendikbud, Juamta 23 Desember 2022. 

“Berbagai terobosan telah dilakukan oleh Direktorat Kursus dan Pelatihan dalam rangka meningkatkan tujuan penyelenggaraan kursus dan pelatihan, salah satunya adalah merintis pelaksanaan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) khusus untuk lulusan kursus dan pelatihan,” kata Wartanto.

 

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Wartanto menjelaskan, program kursus dan pelatihan diselenggarakan bagi masyarakat yang memerlukan bekal pengetahuan, keterampilan, kecakapan hidup dan sikap untuk mengembangkan diri, mengembangkan profesi, bekerja, usaha mandiri, dan/atau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.


Berdasarkan hal tersebut, Direktorat Kursus dan Pelatihan merumuskan program RPL khusus untuk lulusan kursus dan pelatihan yang diselenggarakan atas kerja sama antara lembaga kursus dan perguruan tinggi.


“Direktorat Kursus dan Pelatihan sudah bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi dalam menyusun dan mempersiapkan terselenggaranya program RPL ini sehingga diharapkan nantinya lulusan kursus dan pelatihan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” pungkas Direktur.