Notification

×

Iklan

Iklan

Legenda Pele Meninggal, Brasil Tetapkan Berkabung 3 Hari Nasional

Jumat, 30 Desember 2022 | 14:24 WIB Last Updated 2022-12-30T11:42:01Z

Ilustrasi masa berkabung negara Brasil atas wafatnya Sang Legenda Sepak Bola Brasi dan Dunia, Pele./Istimewa/akuratnews.id


AKURATNEWS.ID, BRASIL – Meniggalnya Sang Legenda Pele di usianya yang ke 82 tahun, membuat rasa kehilangan yang besar bagi masyarakat Brasil. Sebagai bintang sepak bola, Pele disebut-sebut menjadi salah satu pahlawan olahraga bagi Negara yang juga disebut sebagai negeri samba itu.


Atas kehilangan salah satu negeri sepak bola itu, ditandai dengan ditetapkannya masa berkabung nasional atas duka mendalam.Hal ini disampaikan Presiden Brasil Jair Bolsonaro, menandai dukacita atas wafatnya pemilik nama Edson Arantes do Nascimento.


"Masa berkabung resmi diumumkan di seluruh negeri, untuk jangka waktu tiga hari, terhitung sejak tanggal diterbitkannya Surat Keputusan ini, sebagai tanda duka cita atas meninggalnya Edson Arantes do Nascimento, Pele, mantan pemain sepak bola," menurut sebuah dekrit yang ditandatangani oleh Presiden Jair Bolsonaro, dilansir Anadolu Agency, Jumat 30 Desember 2022.


Kematian Pele menggerakkan warga Brasil untuk memberikan penghormatan terakhir kepada ikon permainan indah itu.


Bolsonaro menulis di Twitter bahwa Pele "melalui sepak bola, membawa nama Brasil ke dunia. Dia mengubah sepak bola menjadi seni dan kegembiraan. Semoga Tuhan menghibur keluarga Anda dan menyambut Anda dalam rahmat-Nya yang tak terbatas."


Sementara, Presiden terpilih Luiz Inacio Lula da Silva menggambarkan dirinya sebagai salah satu orang Brasil yang memiliki hak istimewa yang dapat menyaksikan "pertunjukan" yang dilakukan Pele.


"Saat mendapatkan bola, dia selalu melakukan sesuatu yang istimewa, yang seringkali berakhir dengan gol," tulis Lula di Twitter.


"Dia meninggalkan keyakinan: tidak pernah ada (persepakbola) nomor 10 seperti dia. Terima kasih, Pele," lanjutnya, seraya mencatat bagaimana orang di seluruh dunia belajar mengatakan kata ajaib: "Pele".


Penghormatan untuk Pele akan dilangsungkan pada Senin setelah jenazahnya meninggalkan Sao Paulo. Penghormatan itu akan dimulai pukul 10.00 waktu setempat dan akan dibuka untuk umum hingga Selasa pukul 10.00 waktu setempat,


Parade akan berlangsung melalui jalan-jalan Santos di mana Pele memainkan sebagian besar karirnya sebelum ia bertugas di New York Cosmos.


Ikon sepak bola itu akan dimakamkan di pemakaman pribadi pada 3 Januari di Memorial Necropole Ecumenica.