Notification

×

Iklan

Iklan

Cuaca Ekstrem Landa Bali, Begini Kata BPBD Karangasem

Minggu, 25 Desember 2022 | 19:51 WIB Last Updated 2022-12-25T12:51:16Z

AKURATNEWS.ID | BALI — Dalam hampir sepekan ini, BPBD Karangasem jalani puluhan penanganan dampak cuaca ekstrim angin kencang yang melanda Karangasem, tepatnya dari tanggal 22 – 25 Desember 2022.

Penanganan bencana yang dimaksud didominasi oleh pohon tumbang yang akibatkan kerusakan terhadap rumah warga secara pribadi, akses jalan tersumbat, kerusakan fasilitas, kerusakan pura dan lain sebagainya. 

Selain itu, angin kencang juga menerbangkan atap rumah warga hingga berjatuhan dan Angin juga merusak salah satu di Pelinggih Pura Kawitan Pasek Celagi Di Desa Tianyar hingga mengalami kerusakan ringan. 

Penanganan terbanyak ada di Kecamatan Bebandem yang mencapai 25 kejadian. Disusul Kecamatan Manggis, Selat, Rendang, Abang, Karangasem, Sidemen, dan Kubu. 

Salah satu penanganan di Kecamatan Bebandem yakni kejadian pohon kelapa yang tumbang dan menimpa areal pura Dadya Pesendetan di Br. Dinas Abiantiing Kelod, Desa Jungutan. 

"Itu salah satu yang sampao mengakibatkan kerusakan berat. Tumbangan pohon menimpa Pelinggih rong telu, Pepelik dan Pesimpangan Pura Batur," Kata Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa. Akibatnya, kerugian ditafsir mencapai Rp. 50.000.000,-. (ami/red)