AKURATNEWS.ID, JAKARTA — Merayakan ulang tahun Ranch Market ke-27 dan Farmers Market ke-18, “Fresh Track 5K” kembali digelar. Ini bukan merupakan ajang lari biasa, tapi sebuah program CSR yang berdampak, sekaligus sebuah gerakan untuk gaya hidup sehat (eco conscious) dan berkelanjutan.
Penggunaan nama Fresh Track sendiri erat kaitannya dengan DNA Ranch Market dan Farmers Market sebagai supermarket yang selalu menyuguhkan produk-produk fresh dengan kualitas terbaik bagi konsumennya.
Seperti diungkapkan oleh Elsa Dian Trifani, Chief of Marketing & Merchandising Officer PT Supra Boga Lestari, Tbk (Ranch Market & Farmers Market), kedua kata “Fresh” dan “Track” memiliki makna tersendiri.
“Fresh (Freshness) menekankan komitmen kami terhadap produk segar dan pola hidup sehat. Sedangkan Track (New Beginnings) menggambarkan perjalanan baru dalam kehidupan yang sejalan dengan semangat perayaan ulang tahun Ranch Market ke-27 dan Farmers Market ke-18,” ujar Elsa Dian Trifani dalam acara konferensi pers “Fresh Track 5K” yang berlangsung di East Ouarter, Grand indonesia, Jakarta, pada 17 September 2025.
Dengan tagline Run, Celebrate & Glow, tahun ini konsep yang diusung “Fresh Track SK 2025” adalah Night Run.
Menurut Elsa Dian Trifani, lari di malam hari dengan nuansa glow in the dark, tentunya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi para peserta. Ajang lari ini juga akan semakin meriah dengan hadirnya Grup Musik RAN sebagai bintang tamu yang akan menghibur para peserta.
“Fresh Track SK 2025” akan diselenggarakan pada Sabtu, 8 November 2025, berlokasi di Plaza Barat Gelora Bung Karno. Registrasi peserta akan dilakukan mulai pukul 18.00 WIB, sedangkan acara larinya akan berlangsung dari pukul 19.15 hingga 22.30 WIB.
![]()  | 
| Ki-Ka - Gunawan Samiadjie, Race Management Tribun dan Fery Fernando, Head Marketing Farmers Market. | 
Diungkapkan oleh Elsa Dian Trifani, dipilihnya Gelora Bung Karno sebagai lokasi acara "Fresh Track SK 2025” dikarenakan lokasi ini merupakan titik berkumpulnya para runner di Jakarta. Selain itu, lokasinya juga dekat dengan lokasi store Ranch Market Senayan Park.
One Finisher, One Mangrove
Seperti halnya tahun lalu, ada yang unik dari gelaran Fresh Track ini, yaitu Ranch Market dan Farmers Market sebagai penyelenggara acara tetap memastikan kontribusi peserta melalui program CSR “One Finisher, One Mangrove”, di mana setiap peserta yang sampai di garis akhir akan berkontribusi untuk menanam satu pohon mangrove.
Inisiatif ini memberikan dampak positif langsung pada lingkungan dengan meningkatkan keanekaragaman hayati dan melindungi garis pantai.
Program edukasi yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya gaya hidup sehat dan keberlanjutan, memang menjadi kepedulian Ranch Market dan Farmers Market. Beberapa langkah konkret diambil, termasuk program penanaman mangrove untuk mendukung pelestarian lingkungan.
“Kami berkolaborasi dengan komunitas lari untuk meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat. Selain itu, kami terus mempromosikan produk segar dan ramah lingkungan di toko-toko kami. Dengan langkah-langkah ini, kami berkomitmen untuk menciptakan dampak positif yang nyata dan berkelanjutan,” tukas Elsa Dian Trifani lagi.
Tiket “Fresh Track SK 2025” kini sudah tersedia di platform Blibli sebagai exclusive e-commerce partner dan dapat diakses melalui laman https: www.blibli.com/promosi/ranch-market-run. Penjualan tiket berlangsung dari hari ini hingga 24 Oktober 2025 atau selama persediaan tiket masih ada dengan harga Rp 299.000.
“Lewat Fresh Track SK yang diinisiasi bersama Ranch Market dan Farmers Market ini, kami ingin menunjukkan bahwa aksi kecil bisa berdampak besar jika dilakukan bersama-sama. Di bawah payung ESG Blibli Tiket Action, kami berfokus pada pengurangan emisi sekaligus mendorong gaya hidup ramah lingkungan. Yang istimewa, inisiatif ini tidak hanya menghadirkan gaya hidup sehat tetapi juga aksi nyata dengan penanaman mangrove yang besar serapan emisinya demi menjaga bumi lebih lestari,” jelas Lisa Widodo, COO & Co-Founder Blibli.
“Fresh Track SK bukan hanya perayaan 27 tahun Ranch Market, tetapi juga selaras dengan komitmen Blibli Tiket Action yang berpuncak di Langkah Membumi Ecoground 2025. Melalui gaya hidup sehat dan keberlanjutan, kita bersama menapaki langkah menuju masa depan yang lebih hijau,” papar Lisa Widodo, COO & Co-Founder Blibli.


