Notification

×

Iklan

Iklan

Karena Orang Media, Pria ini Dipercaya Kelola Sampah di Kawasan Perumahan Elit Sidoarjo

Minggu, 25 Februari 2024 | 12:11 WIB Last Updated 2024-02-25T05:31:41Z

Pengelola TPST di kawasan perumahan elit sisi utara Kota Sidoarjo, Moh Handoko

AKURATNEWS.ID, SIDOARJO - Berawal dari kisah seorang rekannya sesama jurnalis, serta dukungan petinggi kabupaten, pria berperawakan gempal, tinggi dan kulit sawo matang ini pun akhirnya memutuskan sebagai pengelola sampah. Siapa dia?


Dia adalah Moh Handoko, wartawan DNNMedia.net Sidoarjo, Jawa Timur.


Dalam kesehariannya, dia terbilang aktif terjun ke lapangan. Mencari dan mengumpulkan informasi, lalu mengemasnya jadi berita. Namun, belakangan terakhir ini, dia tampak jarang muncul ke permukaan.


"Ya, benar, sekarang saya punya kerjaan baru seperti Saudara lihat sendiri di sini," ucap Handoko tersenyum pada awak media siber ini saat menemuinya di TPST yang berlokasi di kawasan perumahan elit sisi utara Kota Sidoarjo, Sabtu (24/2/2024).


Lantas, bagaimana dengan profesi lama, apa mau ditinggalkan?


"Lo, tetap! Justru, keberadaan saya di tempat ini, karena latar saya orang media. Kerjaan ini bagi saya, sebagai upaya menempa kemampuan diri di bidang usaha lain yang juga penuh tantangan. Bukan alih profesi, tapi ini bagian dari ikhtiar saya cari tambahan penghasilan selagi badan masih sehat dan enerjik," ujarnya bersemangat.


Apa pekerjaan baru ini berkah umroh?


"Kemungkinan, meski sepulang dari umroh belum pernah terpikirkan. Sebenarnya, apa yang terjadi kali ini ya mengalir begitu saja, disyukuri," katanya lirih.


Menurut Handoko, TPST ini dulunya tidak dikelola maksimal, bahkan kondisinya sangat memprihatinkan. Tumpukan dan pembakaran sampah melebihi kapasitas dan ambang batas, sehingga bau dan asap yang ditimbulkan berdampak terhadap masyarakat di sekitarnya.


"Alhamdulillah, meski baru sebulan saya kelola, kondisinya berubah. Tidak terlalu banyak sampah numpuk, lebih tertata rapi. Doakan terus lancar ya?" pungkasnya. (Way)