Notification

×

Iklan

Iklan

Seri TimeProvider® 4500 Disebut Jadi Grandmaster Pertama Industri

Sabtu, 17 Februari 2024 | 10:57 WIB Last Updated 2024-02-17T03:57:58Z

 


AKURATNEWS.ID, JAKARTA - Para operator segmen penting pasar infrastruktur seperti telekomunikasi 5G, perusahaan listrik, dan transportasi perlu terus meningkatkan jaringannya dengan teknologi yang mampu memberikan kecepatan pemrosesan yang lebih tinggi dan sumber waktu yang sangat akurat agar tidak bergantung pada konstelasi Global Navigation Satellite System (GNSS) seperti GPS, GALILEO dan QZSS.

 

Untuk memberikan operator jaringan alternatif terestrial untuk mendistribusikan waktu yang sangat akurat, Microchip Technology (Nasdaq: MCHP) hari ini mengumumkan grandmaster TimeProvider® 4500 baru, sebuah platform penunjuk waktu hardware yang menyediakan interface jaringan berkecepatan tinggi hingga 25 Gbps dan memungkinkan akurasi waktu yang tepat kurang dari satu nanodetik.

 

Grandmaster TimeProvider 4500 dapat mendukung transaksi Precision Time Protocol (PTP) dengan kapasitas sangat tinggi. Platform hardware inovatif ini memungkinkan skalabilitas IEEE-1588 yang lebih tinggi untuk ribuan klien. Pada lokasi jaringan yang jangkauan dan kapasitasnya harus diseimbangkan seperti penerapan C-band 5G, kemampuan melayani ribuan gNodeB dari satu grandmaster sangatlah penting.

 


Bergantung pada situs spesifiknya, grandmaster dapat melayani sedikit atau banyak stasiun pangkalan gNodeB. Hal ini mengarah pada penggunaan yang hemat biaya dan fleksibel bagi operator dengan skala apa pun.

 

Grandmaster TimeProvider 4500 menawarkan fleksibilitas untuk terhubung ke berbagai generasi elemen jaringan yang membantu menjaga investasi infrastruktur operator. Jam TimeProvider 4500 adalah grandmaster 1588 pertama dengan dukungan 25 Gbps. 


Pelanggan dapat menghubungkan jam TimeProvider 4500 ke berbagai perangkat jaringan menggunakan pilihan tautan jaringan baik 1 Gbps, 10 Gbps, maupun 25 Gbps. Bandwidth berkecepatan tinggi sangat esensial karena upgrade elemen jaringan bermigrasi ke peralatan yang memerlukan kecepatan minimal 10 Gbps dan, untuk beberapa kasus, hingga 100 Gbps.

 

Tingginya akurasi waktu grandmaster TimeProvider 4500 sangat diperlukan karena operator mencoba menerapkan solusi alternatif untuk GNSS. Seringkali, opsi terestrial dianggap sebagai solusi menarik yang dapat memanfaatkan penerapan jaringan optik yang sudah ada untuk menghindari ketergantungan pada GNSS, sehingga dapat memberikan cara yang hemat biaya untuk mentransfer waktu yang sangat akurat dalam jarak jauh. 


Kebutuhan akan transfer jarak jauh mengarah pada kebutuhan akan akurasi yang semakin meningkat pada sumber dan regenerasi sinyal waktu.

 

Grandmaster TimeProvider 4500 menghadirkan peningkatan bantuan hardware baru seperti synthesizer digital generasi terbaru dan FPGA SoC PolarFire® dari Microchip. Peningkatan platform ini memungkinkan sistem untuk berpindah ke realm akurasi waktu pikodetik.

 

“Microchip terus mengembangkan solusi waktu dan frekuensi yang baru dan inovatif untuk infrastruktur penting. Kami merancang jam TimeProvider 4500 agar dapat memberikan akurasi waktu yang lebih ketat pada lingkungan jaringan optik yang ada tanpa memerlukan peningkatan yang mahal atau dark fiber khusus,” ujar Randy Brudzinski, wakil presiden unit bisnis sistem frekuensi dan waktu Microchip, dalam keterangannya.

 

“Solusi ini juga merupakan grandmaster pertama dengan pemrosesan data berkecepatan tinggi hingga 25 Gbps, yang memungkinkan konektivitas dengan elemen jaringan terbaru dalam penerapannya,” lanjutnya.

 

Platform hardware lanjutan dari jam TimeProvider 4500 mendukung semua fitur jam TimeProvider 4100 untuk memastikan operator yang menerapkan produk baru juga dapat memperoleh manfaat dari investasinya pada seri TimeProvider 4100. TP4500 menambahkan kemampuan spesifik yang melampaui TP4100 karena peningkatan platform hardware-nya.

 

Grandmaster TimeProvider 4500 terintegrasi dengan solusi manajemen sinkronisasi TimePictra® yang memungkinkan operator untuk memantau dan melacak masalah dan ancaman secara real-time dengan visibilitas pada seluruh jaringannya. Fungsi utama lainnya dari platform TimePictra mencakup fungsi manajemen Fault, Configuration, Accounting (Inventory), Performance and Security (FCAPS) yang komprehensif; topologi geografis dan navigasi domain; penyesuaian dasbor preferensi pengguna, GUI web intuitif untuk pengelolaan yang mudah dan lainnya.

 

Seri TimeProvider 4500 adalah produk terbaru dalam portofolio jam grandmaster IEEE-1588 Precision Time Protocol (PTP) Microchip yang memberikan kinerja dan nilai terdepan dalam industri. Solusi yang dihadirkan, ang telah terbukti di lapangan, mulai dari aplikasi dalam ruangan dengan kepadatan rendah hingga kebutuhan pengaturan waktu jaringan 5G berkapasitas tinggi.