Notification

×

Iklan

Iklan

Pastikan Lulusan Berstandar Internasional, UMH Thamrin Resmikan Lab OSCE

Sabtu, 18 November 2023 | 07:24 WIB Last Updated 2023-11-18T00:30:09Z

 

Peresmian Lab. OSCE Universitas MH Thamrin, sebagai Kampus pertama yang memiliki Lab. OSCE berstandar Internasional/foto: Edwin

AKURATNEWS.ID, JAKARTA - Upaya mewujudkan Indonesia Emas salah satunya harus lah dilakukan melalui sektor pendidikan. Yakni memastikan ketersediaan SDM Unggul yang memiliki kompetensi, integritas dan mampu bersaing tak hanya di skala nasional tetapi juga di skala regional dan internasional.

 

Rektor UMHT, Daeng Muhammad Faqih menyatakan alasan utama Universitas MH Thamrin (UMHT) secara berkelanjutan meningkatkan fasilitas penunjang pembelajaran adalah untuk memastikan setiap lulusan UMHT memiliki kompetensi sesuai standardisasi internasional.

 

"Yang terbaru adalah Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Center, sebagai penunjang untuk mahasiswa Fakultas Kesehatan dan Magister Manajemen (S2) untuk mendampingi prodi Kesehatan Masyarakat (S2), yang sudah lebih dahulu berdiri," kata Daeng Faqih, saat peluncuran Lab OSCE di Kampus A UMHT, Kamis (16/11/2023).

 

Ia menyatakan selain memastikan semua fasilitas penunjang diselaraskan dengan standar internasional, UMHT juga membangun kerjasama dengan berbagai institusi terbaik di bidangnya, baik dalam maupun luar negeri.


Rektor Universitas MH Thamrin Daeng Muhammad Faqih/foto by Edwin

 

"Salah satunya, sebagai penunjang untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UMHT menyediakan Galeri Investasi sebagai sarana untuk memperkenalkan pasal modal pada akademisi. Galeri ini terwujud sebagai kerjasama dengan PT Bursa Efek Indonesia, PT Pilar Mas, dan Panitia Standar Profesi Pasar Modal," urainya.

 

UMHT, lanjutnya, juga menjalin kerjasama dengan lima institusi di berbagai negara, yang antara lainnya Sulaiman Al Habib Hospital Riyadh Saudi Arabia dan Haror Hokushin Jepang.

 

"Jalinan kerjasama ini menjadi tanda bahwa lulusan UMHT memenuhi standar yang ditetapkan oleh institusi-institusi tersebut," urainya lagi.

 

Selain itu, Daeng Faqih juga menegaskan bahwa pembangunan karakter mahasiswa menjadi bagian penting dalam berkompetisi di skala internasional.

 

"Di tengah persaingan saat ini, dimana perkembangan teknologi berkembang pesat,  UMHT menyadari bahwa bukan saja fasilitas penunjang saja tapi pembangunan karakter menjadi bekal penting bagi lulusan UMHT untuk memasuki persaingan global," katanya melanjutkan.

 

Ia menyampaikan UMHT pun saat ini sedang mempersiapkan untuk membuka Fakultas Hukum dan masih menunggu perizinan untuk Fakultas Kedokteran.

 

"Fakultas Kedokteran itu sudah kita siapkan, hanya kebijakan pemerintah saat ini sedang memberlakukan moratorium untuk Fakultas Kedokteran.  Padahal, seluruh fasilitas sudah kita persiapkan di Gedung UMHT Salemba," imbuhnya.


Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas MH Thamrin saat praktik di Lab. OSCE yang baru saja diresmikan, dengan diperhatikan oleh dosen pembimbing dan Rektor.

 

Kedepannya, ia mengharapkan kedepannya UMHT pun dapat mengambil peran dalam menyokong ketahanan dan kemandirian kesehatan tingkat nasional.

 

"UMHT punya elektromedik, yang mampu menyediakan tenaga monitoring alat kesehatan, maintenance, service, dan kalibrasi.  Di Indonesia belum ada institusi yang mampu menghasilkan tenaga yang mendesain dan memproduksi alat. Harus ada dorongan dari pemerintah untuk mulai menyediakan pendidikan S3 elektromedik, jadi bukan hanya tenaga yang memodifikasi alat yang ada," pungkasnya.

 

Dalam kesempatan ini juga, Universitas MH Thamrin menyatakan telah membuka program studi (Prodi) baru yaitu Magister Manajemen (S2).