Notification

×

Iklan

Iklan

Kunjungi 'Agro Nanggulan' Dampingan OK OCE GAN, Founder OK OCE, Indra Uno Sampaikan Ini

Rabu, 11 Oktober 2023 | 11:59 WIB Last Updated 2023-10-11T04:59:36Z

Sosialisasi 7 TOP Kulonprogo/Dok. OK OCE


AKURATNEWS.ID, KULONPROGO - Founder OK OCE, Indra Uno, menyatakan dengan hasil yang berlimpah dari budidaya buah Kelengkeng, pihaknya menegaskan perlu menjadi perhatian khusus karena bisa menjadi lapangan pekerjaan sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat. Demikian disampaikan Indra, saat sosialisasi 7 TOP ( Tahapan OK OCE Menuju Prima) Kulonprogo, Selasa, 10 Oktober 2023. 


Inovasi budidaya tanaman, buah dan ikan di bidang Agro diketahui terus berkembang, sekaligus memberikan manfaat untuk masyarakat, salah satunya yang dilakukan Agro Nanggulan, Kulonprogo.


OK OCE Gebrakan Anak Negeri (GAN) selaku komunitas memberikan dampingan ke Agro Nanggulan Kulonprogo. 


Indra Uno menilai program budidaya buah tersebut sangat baik dan perlu terus dilakukan pendampingan agar usaha terus berkembang. 



Sementara itu, Purdiyanto, Ketua Kelompok Tani Agro Nanggulan mengatakan, Agro Nanggulan telah membudidaya Kelengkeng, Alpukat, Durian hingga Ikan Lele. "Tercatat telah melibatkan lebih dari 150 petani dan pembudidaya," ucapnya.


Ia menambahkan, budidaya Kelengkeng telah berjalan sejak 2017, dengan berhasil menanam sebanyak 2.500 bibit pohon kelengkeng, 2.500 bibit pohon alpukat dan 400 bibit pohon durian, kini terus tumbuh dan berbuah.


"Hasil pembuahan Kelengkeng tersebut menjadi pendapatan petani dan pembudidaya karena bisa mendapatkan sekitar Rp 30.000 - Rp 35.000 per/kg, dengan setiap Panen berhasil mendapatkan 100 kg. Adapun jangka waktu Panen jangka waktu Setahun 2 kali," jelas Purdiyanto, yang diketahui pendapatan warga meningkat setelah berhasil budidaya kelengkeng menjadi 400 ribu/bulan.




Komunitas Penggerak OK OCE GAN tengah menjalankan pendampingan di wilayah Jawa Tengah, salah satunya adalah Kulonprogo. Evie Sofia, Ketua OK OCE GAN mengatakan dirinya terus bergerak sesuai dengan implementasi 7 TOP dalam penciptaan lapangan kerja baru.