Notification

×

Iklan

Iklan

Aku di Sini Engkau di Sana

Rabu, 25 Oktober 2023 | 10:39 WIB Last Updated 2023-11-13T03:51:34Z

 

Ilustrasi Mata Uang

Oleh: Hari Widodo Pengamat Politik


Jokowi dan PDIP/Megawati, selama ini bagaikan sekeping mata uang logam, jika depannya Jokowi maka di belakangnya ada PDIP/Megawati, demikian pula sebaliknya.


Namun ada satu hal yg terlupakan banyak orang, bahwa ada ketebalan di setiap keping tersebut, sebagai ruang yang mampu memuat beragam hal di dalamnya. Ruang tersebut bisa jadi ruang kebersamaan tapi bisa juga sebagai ruang konflik tertutup yang hanya mereka yang mengetahuinya.


Rabu 25 Oktober 2023 ...ruang konflik tersebut terbuka walaupun belum sampai membelah satu keping tersebut menjadi dua keping. Namun pada akhirnya belahan keping yg rusak di setiap sisinya akan berusaha diperbaiki oleh masing-masing wajah di keping yg utuh. Siapakah yang akan mampu lebih cepat dan lebih rapih menggantikan sisi keping yg terbelah tadi, apakah Jokowi dengan Prabowo di sisi keping lainnya atau Megawati dengan Ganjar di sisi kepingnya?...


Dukungan masyarakat pada proses pendaftaran Ganjar jika dibandingkan dengan proses pendaftaran Prabowo ke KPU jelas terlihat lebih semarak pendaftaran pasangan Prabowo - Gibran. Terserah apa komentar orang, mau dibilang setingan atau pencitraan atau sinetron ...tidak masalah..toh yang lain sudah mendapat kesempatan lebih dulu, kenapa tidak dikemas supaya meriah?...


Intinya..mari kita hentikan saling menjatuhkan, saling menghina dan berbagai komentar negatif lainnya. Jadikan kesantunan sebagai cerminan budaya kita...yang merupakan warisan budaya leluhur yang sarat dengan nilai-nilai positif, saling menghargai, menghormati dan saling mendukung ke arah kebaikan.