Notification

×

Iklan

Iklan

Pelataran Timur Pasar Larangan Sidoarjo Steril, Begini Respon Ketua HPP

Senin, 31 Juli 2023 | 19:48 WIB Last Updated 2023-08-01T06:23:11Z


Tampak: Lapak-lapak milik pedagang pancakan di pelataran timur Pasar Larangan, Candi, Sidoarjo yang mokong, dibongkar dan diangkut truk.

AKURATNEWS.ID, SIDOARJO - Pelataran sebelah timur Pasar Larangan, Candi, Sidoarjo dipastikan steril dari pedagang pancakan. Terhitung, mulai Senin (31/7/2023) dan seterusnya.

Kepastian itu setelah ratusan petugas gabungan dari Sat Pol PP dibantu TNI/Polri dan Garnisun yang dimotori Bidang Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) berhasil melakukan tindakan final berupa sterilisasi di kawasan tersebut, siang.

"Alhamdulillah, petugas gabungan berhasil membersihkan pedagang pancakan di pelataran timur pasar. Dan, untuk mengantisipasi kembalinya para pedagang pancakan ke lokasi semula, pihak dinas segera membangun taman," kata Ketua Himpunan Pedagang Pasar (HPP) Larangan, Suhadak Ismail pada awak media siber ini saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler, sore.

Dijelaskan Suhadak, sebenarnya pihak Disperindag berniat ingin merevitalisasi Pasar Larangan sejak dua tahun lalu.

"Namun, keinginan dinas itu selalu terhalang, karena ditentang dan diabaikan mereka (pedagang pancakan). Kini, saatnya dinas bersikap tegas. Kendati begitu, sebelum tindakan final, berbagai upaya pendekatan, berkomunikasi dengan mereka telah berulangkali dilakukan," terangnya.

Menurut Suhadak, Disperindag telah membangun lapak-lapak baru berukuran 2x2 meter sejumlah 180 unit, berlokasi di sebelah barat Pasar Larangan. 

"Terus terang, lapak-lapak baru itu dibangun dinas sesuai kemauan mereka. Anehnya, begitu lapak jadi, kok hanya sebagian yang terisi. Semoga dengan disterilkannya pelataran timur pasar, mereka mau menempati lapak-lapak di barat pasar. Serta, pihak dinas dapat merealisasikan revitalisasi," pungkasnya. (Way)