Notification

×

Iklan

Iklan

Ini Layanan dan Fasilitas Kesehatan di KTT ASEAN 2023

Jumat, 05 Mei 2023 | 21:19 WIB Last Updated 2023-05-05T14:19:40Z

Wakil Menteri Kesehatan, Dante S. Herbuwono, saat memberikan keterangannya terkait kesiapan Layanan dan Fasilitas Kesehatan dalam gelaran KTT ASEAN Labuan Bajo/dok. FMB9


AKURATNEWS.ID, JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan, Dante S. Herbuwono mengatakan, pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyiapkan dua hal prioritas dalam mendukung penyelenggaraan KTT ASEAN 2023.


“Yang pertama adalah protokol kesehatan terhadap Covid-19. Yang kedua adalah kesiapan fasilitas kesehatan,” ucap Dante dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk ‘Kesiapaan KTT ASEAN 2023 Labuan Bajo’, Jumat (5/5/2023).


Untuk protokol kesehatan di KTT ASEAN Labuan Bajo, Kemenkes memberlakukan beberapa persyaratan atau prokes khusus untuk delegasi. Mulai dari vaksinasi lengkap dan melakukan registrasi kartu sehat.


Kemudian untuk menjamin tidak terjadi penularan kasus Covid-19, Kemenkes juga akan memberlakukan hasil tes antigen dan PCR di tempat penyelenggaraan. Di mana hasil tes antigen berlaku 1x24 jam dan untuk PCR 3x24 dari negara asal.


“Kapasitas yang sudah kami siapkan untuk Covid-19 ini mencapai lebih dari 1.208 tes per hari. Juga ada 40 swaber yang ditempatkan di lokasi-lokasi penting,” katanya.


Hal lain, Kemenkes juga telah menyiapkan sejumlah fasilitas kesehatan. Di antaranya 2 mini ICU, 5 klinik, dan 9 tim mobile kesehatan di lokasi KTT.


“Mini ICU, 1 berada di Hotel Meurorah, dan 1 di Hotel Ayana, karena VVIP akan menginap di situ,” tutur Dante.


“Sedangkan 5 klinik akan disiapkan di semua hotel yang ada di Labuan Bajo. Fungsinya akan siap memberikan pelayanan medis untuk peserta, baik Covid-19 maupun keluhan penyakit lain,” tambahnya.


Selain itu, Kemenkes juga sudah menyiapkan rumah sakit-rumah sakit rujukan, seperti RS Santo Yoseph, RSUD Komodo, dan RS Siloam. Hal ini diperlukan apabila ada tamu yang memerlukan rujukan jika mengalami gangguan kesehatan setelah menjalani pemeriksaan di klinik maupun di mini ICU.


“Mudah-mudahan semua faskes tidak banyak terpakai, karena kami berharap semua dalam keadaan sehat,” pungkasnya.


Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya, perhelatan puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN KE-42 di Labuan Bajo akan digelar pada 10-11 Mei 2023 mendatang.