Notification

×

Iklan

Iklan

32 Tahun Puasa Juara, Terima Kasih Tim Sepak Bola Indonesia

Rabu, 17 Mei 2023 | 11:49 WIB Last Updated 2023-05-17T04:49:12Z

Nomor Punggung 17, Irfan Jauhari saat berhasil gol ke gawang Thailand di ajang Final Sepak Bola SEA Games 2023/PSSI dok


AKURATNEWS.ID, JAKARTA - Penantian panjang tim sepak bola untuk menjadi nomor satu di ajang SEA Games akhirnya terbayar dengan perjuangan Tim U-22  Sepak Bola Indonesia. 


Skor telak melalui perpanjangan waktu menjadi penentu, Tim U-22 menyandang gelar juara dan menyabet medali emas gelaran SEA Games di Cambodja, dengan menaklukkan Tim Thailand dengan skor 5-2 di final yang berlangsung di Stadion Olimpiade Phnom Penh, Selasa (16/5).


Kegembiraan kemenangan tim U-22 disampaikan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, yang mengucap syukur Indonesia bisa membayar hutang sejarah meraih emas SEA Games yang terakhir kali diraih pada 32 tahun silam, yakni di tahun 1991.


"Alhamdulillah, penantian kita selama 32 tahun untuk menyaksikan tim sepak bola Indonesia juara terwujud hari ini. Terima kasih kepada seluruh pemain, pelatih, dan ofisial. Kami persembahkan emas ini bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar Erick seusai laga final, Selasa (16/5).


Erick memberi apresiasi atas seluruh keringat, kerja keras, hingga pengorbanan yang dilakukan oleh skuat tim U-22. Mulai dari pemain, pelatih, hingga staf beserta ofisial.


Menurut Erick kemenangan U-22 merupakan bukti Indonesia adalah bangsa tangguh dan mampu bekerja sama demi satu tujuan. 


"Hari ini anak-anak Indonesia yang umumnya masih berusia di bawah 22 tahun membuktikan bahwa kita adalah bangsa tangguh, pekerja keras, dan mampu bekerja sama untuk menjadi yang terbaik," ujar Erick.


Penuh Dramatis


Dalam laga yang digelar Selasa malam (16/5), Indonesia berhasil membuka keunggulan 1-0 lewat tandukan Ramadhan Sananta pada menit ke-20 usai meneruskan umpan lemparan jarak jauh Alfeandra Dewangga.


Sundul Sananta, menggiring bola mengarah ke gawang Thailand, yang mengenai bagian paha bek Thailand, Songchai Thongcham yang masuk ke gawang sendiri.


Di menit-menit akhir babak pertama, Indonesia lagi-lagi melalui Ramadhan Sananta, kembali menambah gol yang meneruskan umpan jarak jauh Rizky Ridho, yang berakhir 2-0 di akhir babap pertama. Gol kali ini mengundang protes pemain Thailand, yang menganggap tendangan Rizky Ridho bola fair play, tapi wasit tetap mengesahkan gol tersebut.


Pada babak kedua, pertandingan semakin berkembang antar dua kesebelasan. Upaya saling serang terus diupayakan kedua kesebelasan.


Pada menit ke-66, Thailand mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 lewat tandukan Anan Yodsangwal usai meneruskan umpan sepak pojok yang dilepaskan rekannya.


Kemudian, pada menit ke-90+8, Thailand mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat gol Yotsakon. Keberhasilan Thailang menjebol gawang Indonesia untuk kedua kalinya membuat laga harus diperpanjang. 


Di babak perpanjangan waktu ini, Tim Garuda tidak menyia-nyiakan waktu. Terbukti Irfan Jauhari di menit ke-92mengantarkankan Tim Indonesia unggul kembali.


Banyak peluang emas yang didapatkan oleh Tim Indonesia, namun peluang tersebut belum dapat diselesaikan dengan baik. Seperti yang terjadi di menit ke-105, tendangan Marselino Ferdinan masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Thailand.


Memasuki babak kedua tambahan waktu, Fajar Fathur Rahman mencetak gol keempat Indonesia. Memanfaatkan lowongnya lini belakang Thailand, Fajar melepaskan tembakan yang tak bisa diamankan kiper Thirawoot Sraunson.


Thailand yang berusaha mengejar justru harus kehilangan Anan yang mendapat kartu kuning kedua, dan berbuah kartu merah.


Kekurangan pemain skuad Gajah Perang menjadi angin segar bagi Indonesia. Pada menit akhir extra time, Beckham Putra Nugraha mencetak gol dan mengubah skor menjadi 5-2.


Hingga pertandingan berakhir tak ada gol tambahan yang diciptakan kedua tim. Indonesia menang 5-2 atas Thailand dan menjadi juara SEA Games 2023 sekaligus meraih medali emas dari cabor sepak bola SEA Games 2023.