Notification

×

Iklan

Iklan

Wow… Toyota Alphard Hybrid Ditantang Trumpchi E9 hybrid

Minggu, 09 April 2023 | 14:47 WIB Last Updated 2023-04-09T07:47:11Z

Trumpchi E9 hybrid


AKURATNEWS.ID, JAKARTA – Persaingan dunia otomotif terus bergulir di tengah kampanye transisi energy, khususnya di tanah air. Sebagai pemain lama di industri otomotif tanah air, Toyota menjadi produk pilihan bagi masyarakat Indonesia, khususnya di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV).


Persaingan di segment MPV semakin panas, khususnya di segmen MPV premium. Pabrikan otomotif Tiongkok, GAC, resmi merilis model Trumpchi E9 hybrid, dengan wajah mirip Toyota Voxy, siap menantang kedigdayaan Toyota Alphard Hybrid yang sudah melatar di pasar otomotif tanah air.


Dari gambaran produk tirai bamboo tersebut, Trumpchi E9 hybrid memiliki desain bagian depan  mirip dengan Toyota Voxy ini terlihat dari penyematan grill dan beberapa aksen, termasuk pada penggunaan lampu utama yang berdesain sipit.


Mirip dengan Voxy, justru secara spesifikasi, GAC Trumpchi E9 justru akan beradu pasar dengan Toyota Alphard Hybrid. Dari sisi dimensinya, Trumpchi E9 memiliiki panjang 5.212 mm, lebar 1.893 mm dan tinggi 1.823 mm serta wheelbase 3.070 mm. Bila dibandingkan dengan Toyota Alphard, dimensinya lebih panjang karena MPV premium andalan Toyota ini hanya dibekali 4.945 mm.




Tampilan luarnya juga lebih menggoda dengan desain premium dan menampilkan efek floating pada bagian pilar B, C dan D. Hal ini menambah kesan mewah serta menyatu ke bagian belakangnya yang terintegrasi dengan tail lamp berdesain lurus di kedua sisinya.


Dilansir dari Carnewschina, GAC Trumpchi E9 dipersenjatai dengan mesin konvensional 2.0TM di mana jeroan tersebut dikembangkan secara mandiri oleh GAC. Namun mengenai spesifikasi lebih lanjut dari penggunaan jantung mekanis itu sendiri, masih belum dirilis secara resmi.


Fitur Hybrid dan Interior yang Mewah


Terkait dengan penggunaan tenaga listrik, untuk penggunaan baterai pada model ini diinformasikan menggunakan baterai Lithium Terner terbaru yang juga dikembangkan secara langsung oleh tim internal. Berdasarkan klaim dari pabrikan, saat mengandalkan arus listrik murni, model ini mampu menjelajah hingga 100 kilometer.




Selain menggoda lewat penampilan yang mewah dan hadir dengan dukungan hybrid, GAC Trumpchi E9 ini juga dibekali dengan interior yang mewah. Di dalamnya telah dibekali dengan layar kendali besar yang terhubung ke konsol tengah. Untuk memberikan nuansa yang lebih berkelas kepada pemiliknya, aksen gold juga disematkan pada bagian trim pintu.


Perusahaan menjanjikan akan secara resmi membuka semua spesifikasinya pada peluncuran Trumpchi E9  yang dilakukan pada 18 April di Shanghail Auto Show 2023.