Notification

×

Iklan

Iklan

Surat Presiden FIFA Dilayangkan ke Indonesia, Transformasi Sepakbola Diduga Dipertanyakan

Jumat, 31 Maret 2023 | 23:06 WIB Last Updated 2023-03-31T16:06:55Z

Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir/akuratnews.id


AKURATNEWS.ID, JAKARTA – Pembatalan gelaran Sepak Bola kelas dunia di tanah air terus bergulir diperbincangkan. Kekecewaan terus mengemuka, khususnya bagi para pencinta sepak bola di tanah air. Sejumlah pandangan factor pembatalan akhirnya bergulir pandangan demi pandangan. Namun dari pada itu, Surat Presiden FIFA telah dilayangkan kepada Indonesia, terkhusus kepada Presiden.


Menanggapi surat Presiden FIFA Gianni Infantino untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menceritakan soal surat tersebut, yang sudah disampaikannya secara langsung kepada Presiden Jokowi pada Jumat (31/3/2023) siang. 


Surat khusus tersebut menurut Erick langsung dibaca oleh Jokowi. Ia pun menduga surat tersebut salah satunya mempertanyakan transformasi sepak bola Indonesia. 


"Saya enggak baca suratnya Presiden FIFA ke Bapak Presiden, mungkin ya salah satunya Presiden FIFA menanyakan ini transformasi sepak bola Indonesia serius atau tidak?" ujar Erick di Kompleks Istana Kepresidenan, dilansir dari Kompas. 


"Makanya presiden langsung memerintahkan saya segera menyelesaikan peta biru sepak bola Indonesia untuk disampaikan ke FIFA. Mungkin ada kaitannya dengan surat, saya enggak dapat soalnya," katanya lagi. 


Lebih jauh Erick menjelaskan bagaimana tanggapan Presiden Jokowi pasca membaca surat yang dilayangkan Presiden FIFA tersebut. Presiden Jokowi langsung menginstruksikan dua hal kepadanya. Pertama, Presiden Jokowi meminta PSSI untuk membuat cetak biru (blueprint) transformasi sepak bola Indonesia. 


Blueprint itu, menurut Erick, sama dengan yang sudah disampaikan Presiden Jokowi saat ia baru saja menjadi Ketua Umum PSSI 


"Bapak Presiden menekankan ini harus segera selesai dan harus segera disampaikan kepada FIFA," ujarnya. 


"Yang kedua, Bapak Presiden juga langsung menginstruksikan kepada saya untuk segera kembali membuka pembicaraan kepada FIFA untuk kita tetap menjadi bagian keluarga besar FIFA," kata Erick melanjutkan. 


FIFA secara resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023. FIFA membuat keputusan tersebut setelah Presiden FIFA, Gianni Infantino, bertemu dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.