Notification

×

Iklan

Iklan

Kemenkominfo Bersama GNLD Kembali Gelar Kelas Video

Senin, 27 Maret 2023 | 15:40 WIB Last Updated 2023-03-27T08:40:44Z

 

Ilustrasi pelatihan Kelas Video Podcast Literasi Digital/istimewa

AKURATNEWS.ID, JAKARTA - Bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, kembali menggelar Kelas Video Podcast Literasi Digital secara tatap muka di Galeria Cilandak Town Square, Jakarta Selatan.


Kelas yang diikuti oleh 30 orang peserta luring dan 350 peserta daring itu melibatkan beberapa podcaster profesional untuk memperkenalkan teknik video podcast atau siniar sederhana, yang mana kolaborasi dilakukan bersama Paberik Soeara Rakjat.


Podcaster dan pemandu literasi digital Rizky Adi Nugroho dalam sesi pembukaan mengatakan saat ini, orang-orang yang ingin memproduksi siniar dihadapkan pada standar yang tinggi seperti yang diproduksi Deddy Corbuzier atau Denny Sumargo. Padahal, menurut dia, produksi siniar bisa dilakukan secara sederhana.


"Teman-teman sudah bisa memulai dari menggunakan gawai yang dimiliki, jadi, tidak perlu pusing memikirkan harus pakai gear (alat) apa. Apalagi sekarang sudah banyak platform yang dilengkapi fitur-fitur untuk mengedit," kata Rizky, dalam  keterangannya, Senin (27/3).


Sesi berikutnya pada pelatihan yang diselenggarakan pada 19 Maret itu diisi oleh Calvin Mongkol, yang merupakan manajer kemitraan di salah satu aplikasi digital penyedia konten siniar. Dia menjelaskan bahwa saat ini rasio video siniar sudah sangat fleksibel.


Setelah itu, sesi dilanjutkan dengan praktik yang dipandu oleh podcaster dan kreator konten bidang teknologi, Wisnu Kumoro. Dia menyampaikan bahwa siniar terdiri dari tiga jenis yaitu in-studio recording (siniar dengan peralatan lengkap yang dilakukan di dalam studio), remote interview (siniar dua arah yang dilakukan daring), dan audio footage (siniar yang hanya berisi audio saja, namun, bisa diberi grafis atau takarir).


"Ketiga kategori ini bisa dipilih oleh teman-teman semua. Podcast yang paling ideal untuk diproduksi itu tergantung tipe mana yang teman-teman ingin lakukan atau sesuai kemampuan teman-teman saja," kata Wisnu.


Wisnu kemudian mengajak peserta mempraktikkan produksi dasar pembuatan konten siniar dengan memanfaatkan gawai yang dimiliki.


Praktik tersebut meliputi cara perekaman yang baik, cara penempatan gawai yang tepat untuk memperoleh audio terbaik, dan pengenalan aplikasi untuk podcaster.


Kegiatan Kelas Video Podcast Literasi Digital merupakan salah satu upaya literasi digital untuk segmen masyarakat umum dalam rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kemenkominfo RI.


Program Indonesia Makin Cakap Digital bertujuan untuk memberikan literasi tentang teknologi digital kepada 50 juta masyarakat Indonesia hingga tahun 2024.