Notification

×

Iklan

Iklan

Di Depok, Kakanwil Kemenkumham Jabar Sebut Pengungsi Asing Perlu Perhatian Khusus

Selasa, 07 Maret 2023 | 10:00 WIB Last Updated 2023-03-07T03:00:07Z

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Jawa Barat R. Andika Dwi Prasetya 

 

AKURATNEWS.ID, DEPOK - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Jawa Barat R. Andika Dwi Prasetya mengatakan pengungsi atau pencari suaka menjadi salah satu isu global yang banyak dibicarakan oleh masyarakat internasional. 


"Telah menjadi isu yang membutuhkan perhatian khusus," ucapnya Andika saat hadir pada rapat Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) di Depok, Senin,(6/3).


Kedatangan Andika di Depok dalam rangka pemenuhan tugas dan fungsi keimigrasian melalui Pengawasan Orang Asing Wilayah Kota Depok.


Menurut Kakanwil, tidak sedikit pengungsi di Wilayah Indonesia, khususnya di Kota Depok seringkali melakukan pelanggaran peraturan, mengganggu ketertiban umum hingga bergesekan dengan masyarakat lokal.


Di Depok, lanjut Andika jumlah pengungsi dan pencari suaka yang tersebar di Kota Depok pada tahun 2023 berjumlah sekitar 189 orang. "Diharapkan kehadiran para pengungsi atau pencari suaka di wilayah Kota Depok dapat aman dan kondusif," akunya.


Lebih dari itu Kakanwil Jabar juga berharap dengan pelaksanaan rapat koordinasi TIMPORA wilayah Kota Depok terhadap pengungsi asing di Wilayah Kota Depok dapat berjalan dengan baik. 


"Jangan sampai orang asing yang ada di wilayah Depok hanya membawa kemudhorotan. Tetapi menjadi orang asing yang bermanfaat," katanya.


"Jadi, mari bersama-sama kita bersinergi, berkolaborasi, dan bertukar informasi laksanakan pengawasan orang asing di Wilayah Kota Depok dengan baik dan akurat." Pungkas Kakanwil Jabar.


Di Depok, Kakanwil Kemenkumham Jabar, R. Andika Dwi Prasetyo didampingi Kadivim Jabar, Yayan Indriyana, dan Kakanim Kelas I Non TPI Depok, Fahrul Novry Azman. 


Dalam rapat tersebut juga tampak hadir Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Sekretariat Daerah Depok Sri Utomo, Kepala BNNK Depok Kombes Pol. Heru Prasetyo, Kabid Tibum Sat Pol PP Depok Fahmi Ardian serta tamu undangan lain. (Eko Budi)